Mengawal Akuntabilitas Kinerja Daerah Pemkab Bolsel dengan SAKIP

Bolaang Uki (22/04/2021) - Setiap instansi pemerintah harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan pelaksanaan program kegiatan dan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat memberikan dampak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar kegiatan Bimtek  dalam rangka peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bersama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

“Kami sampaikan bahwa ini adalah program dari Perwakilan BPKP Sulut untuk membuat Pemda-pemda di Sulut bisa meningkatkan SAKIP nya”, ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha.

Masih banyaknya permasalahan yang timbul disebabkan ukuran kinerja dan target tidak jelas atau tidak berorientasi hasil. Akibatnya kegiatan tidak memberikan dampak langsung terhadap sasaran strategis dan hasil. Untuk itu, tambah Kaper, jajaran Pemda harus fokus merancang sasaran strategis dengan matang. Selain itu, diharapkan tidak hanya fokus pada kepatuhan pertanggungjawaban keuangan saja, tetapi juga harus fokus pada akuntabilitas kinerjanya.

“Akuntabilitas kinerja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan akuntabilitas keuangan”, ungkap Setya.

Di akhir sambutannya, ia meminta agar kegiatan Bimtek dimanfaat seoptimal mungkin agar nantinya dapat diaplikasikan guna mewujudkan visi dan misi dari Bupati.

Senada dengan Kaper, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru meminta seluruh Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya untuk segera melakukan pembenahan. Hal itu guna mewujudkan reformasi birokrasi serta visi dan misi Pemkab Bolsel.

“Peringkat atau penghargaan yang kita peroleh selama ini dalam pengelolaan keuangan daerah dan lainnya bukanlah tujuan akhir, akan tetapi tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat Bolsel”, ungkap Bupati.

Menutup sambutannya, ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada BPKP atas bimbingan dan masukkannya dan berharap agar kerjasama yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan dan secara khusus dapat meningkatkan nilai SAKIP Pemkab Bolsel yang sebelumnya B menjadi minimal BB.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati Bolsel tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Bolsel Marzanzius A. Ohy, Asisten Daerah, para kepala perangkat daerah, Korwas Bidang APD Glenn Davies Siwu, serta tim dari bidang APD BPKP Sulut.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH/LU)