Mata Uang Kripto dimata BPKP Sulteng

 

Palu (5/8) – Kegiatan Friday Knowledge  Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah kembali dilaksanakan melalui Program Pelatihan Mandiri (PPM). Bertempat di Kabeloa Library Café,  PPM pada hari ini mengangkat topik “Mengenal Mata Uang Kripto” yang dibawakan oleh Kepala Bagian  Umum  Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Wakhidin.

Cryptocurrency berasal dari dua kata yakni cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang artinya mata uang, dengan kata lain mata uang kripto adalah mata uang virtual yang dilindungi oleh kode rahasia”, jelas wakhidin menyampaikan pengertian cryptocurrency.

Wakhidin menjelaskan bahwa mata uang kripto di Indonesia hanya dianggap sebagai “komoditas” sedangkan alat pembayaran yang sah adalah “Rupiah”

Wakhidin juga menyampaikan beberapa cara untuk mendapatkan mata uang kripto antara lain mining, buying, trading, staking, lending, dan holding. Ia juga menjelaskan istilah-istilah dalam dunia kripto antara lain bullish, bearish, floating, FUD ( Fear, Uncertainty, Doubt), FOMO (Fear of Missing Out), DYOR (Do Your Own Research), dan CBDC (Central Bank Digital Currency).

Terakhir, Wakhidin juga memberikan beberapa tips dan trik kunci utama bermain kripto antara lain Gunakan “ Uang Dingin”, lakukan DYOR (Do Your Own Research), ambil Keputusan dengan “Kepala Dingin”, dan jangan “Total Football” tapi cukup “Tiki Taka”

 

#BPKPKianBermakna

 

Kominfo BPKP Sulteng