Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP dan PPM di Lingkup Inspektorat Kab. Pangkep

Pangkep, (22/11) Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Inspektorat Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP dan Program Pelatihan Mandiri di Lingkup Inspektorat Daerah Kabupaten Pangkep. Dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili, kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana, Inspektur Daerah Kabupaten Pangkep Bachtiar, dan diikuti oleh 54 APIP Daerah Kab. Pangkep.

Penyelenggaran bimtek diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan baik dalam hal kapasitas, kewenangan, serta kompetensi SDM sehingga dapat mewujudkan peranan APIP Daerah yang lebih efektif. Syahban dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Pangkep berkomitmen untuk mendukung peningkatan kompetensi Aparat Intern di Lingkungan Pemkab Pangkep. “Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menambah jam terbang, menambah wawasan dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat terlaksana secara efektif” ungkap Syahban.

Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili dalam keynote speech-nya menyampaikan secara umum kondisi internal audit dimana kurangnya kompetensi auditor intern, keterbatasan sumber daya, kurangnya perhatian terhadap isu-isu strategis, pelaksanaan kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan stantar, pengawasan yang dilakukan tidak berdasarkan prioritas dan risiko tinggi, serta tidak adanya nilai tambah dari hasil pengawasan yang dilaksanakan. Kapabilitas APIP di Kabupaten Pangkep saat ini berada dalam Level 2, karenanya penting untuk melakukan upaya-upaya peningkatan Kapabilitas APIP. Selain sebagai pemenuhan standar profesi, Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Rakorwasnas Tahun 2020 telah berpesan bahwa pengawasan intern yang efektif menjadi salah satu elemen penting  sistem pemerintahan khususnya dalam mendukung tata kelola dan akuntabilitas program pemerintah. Kapabilitas APIP Level 3 juga menjadi salah satu komponen pengukutan keberhasilan Reformasi Birokrasi Organisasi Kementerian, Lembaga, dan Daerah serta sebagai salah satu komponen penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.  "Jaga Integritas, berikan kinerja yang terbaik, serta jaga etika" pesan Kepala Perwakilan kepada para peserta bimtek. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)