Penutupan Diklat Penilaian Maturitas SPIP Terinteegrasi Bagi APIP di Lingkungan Pemda Sulsel

Makassar, Jum’at (18/11) Pelatihan Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi bagi APIP Inspektorat di Wilayah Sulawesi Selatan yang dimulai sejak 14 November kemarin telah resmi ditutup. Penutupan diklat dihadiri Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Risparanto, Widiyaiswara, Panitia serta 34 peserta diklat.

Arwin Dachlan dari Inspektorat Kota Makassar menyampaikan apresiasi atas pelatihan yang diselenggarakan. “Setelah mengikuti diklat tentang SPIP, ada tantangan tersendiri yang akan dihadapi. Ada tugas yang menurut kami menjadi perpanjangan tangan kepada satuan kerja untuk melakukan penilaian mandiri” jelas Arwin. Beliau juga menambahkan terdapat tantangan bagi APIP Inspektorat untuk memaksimalkan sumber daya manusia dalam pelaksanaan penugasan penilaian maturitas SPIP secara mandiri.

Penyelenggaraan diklat bertujuan untuk dapat membentuk Auditor yang terampil dan profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab pengawalan keuangan dan program pemerintah. Plh Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Risparanto dalam sambutannya mengharapkan materi-materi yang telah didapatkan para peserta diklat dapat dipahami dengan baik termasuk materi aplikasi e-SPIP. “Aplikasi yang sudah dibangun akan sangat membantu nanti ketika bapak-ibu selanjutnya akan melaksanakan tugas penilaian” ungkapnya.

Para peserta diharapkan dapat mempraktikkan pengetahuan yang telah didapatkan selama mengikuti diklat. Tidak berhenti disitu, peserta juga diharapkan mampu mengembangkan dan memperdalam pengetahuan dan keterampilan lain untuk mendukung pelaksanaan tugas sebagai internal auditor pemerintah daerah. Pengawasan yang dilakukan APIP Daerah diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perbaikan tatakelola pemerintah daerah dengan pemberian keyakinan memadai bahwa seluruh program dan kegiatan di daerah telah terlaksana sesuai dengan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Tentu tugas yang sangat mulia ini harus kita sambut dengan sebaik mungkin dengan selalu meningkatkan kompetensi kita di bidang pengawasan ini dengan berbagai ilmu dan keahlian yang dibutuhkan”. Jelas Risparanto. Di Akhir sambutannya beliau menambahkan peningkatan maturitas SPIP di seluruh daerah khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat segera tercapai. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)