Tingkatkan Kinerja BUMD, BPKP NTT Dampingi Penyusunan RKAP PDAM Kabupaten TTS

(SOE) Dalam rangka meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 118 Tahun 2018, Perwakilan BPKP NTT melalui Bidang Akuntan Negara (AN) melakukan pendampingan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tahun buku 2023. Kegiatan yang diselenggarakan pada PDAM Kabupaten TTS ini diikuti oleh manajemen dan seluruh pegawai PDAM Kabupaten TTS pada tanggal 11 hingga 18 Juli 2022.

RKAP yang selama ini dibuat dan diterapkan pada PDAM Kabupaten TTS belum sepenuhnya mengacu pada Permendagri Nomor 118 Tahun 2018, oleh karenanya perlu dilakukan penyesuaian dalam kerangka RKAP PDAM Kabupaten TTS. Pendampingan ini dilakukan dengan model Focus Group Discussion (FGD) yang diawali dengan pemaparan tentang Penyusunan RKAP sesuai dengan Permendagri Nomor 118 Tahun 2018 serta Overview Manajemen Risiko oleh tim asistensi BPKP NTT. Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan atas masing-masing kerangka RKAP dan berlangsung lancar karena antusiasnya partisipasi dari seluruh pihak. Penyusunan RKAP PDAM Kabupaten TTS ini diarahkan berbasis kinerja agar mampu diimplementasikan dalam proses bisnis perusahaan.

Direktur PDAM Kabupaten TTS, Lely Hayer, SE, dalam kesempatannya menyampaikan rasa terima kasih atas pendampingan yang dilakukan oleh BPKP NTT dan berharap kinerja PDAM Kabupaten TTS dapat meningkat untuk ke depannya. Harapan dengan dilakukannya pendampingan ini, PDAM Kabupaten TTS mampu menyiapkan strategi untuk menindaklanjuti permasalahan yang ditemukan oleh Tim Evaluasi Kinerja BPKP NTT dan telah diberikan saran perbaikan pada triwulan sebelumnya. Besar harapan PDAM Kabupaten TTS mampu meningkatkan kinerjanya dari Kurang Sehat menjadi Sehat pada evaluasi kinerja pada tahun-tahun mendatang.

 

Kominfo BPKP NTT - REP/AT