BPKP Bali Entry Meeting Pekerjaan Pembangunan KEK Kesehatan Sanur

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/EM_HIN.gifDenpasar (4/4/22) - Dalam rangka menangkap tren global pariwisata kesehatan dengan ketersediaan fasilitas perawatan medis dan wellness dalam kawasan resor terpadu, sehingga perlu mentransformasi kawasan Sanur dengan memberikan identitas dan program aktifitas yang baru untuk mempertahankan posisi sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Pekerjaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur telah dilakukan groundbreaking pada bulan Desember 2021 oleh Presiden Republik Indonesia.

Mengingat pekerjaan ini memiliki nilai yang strategis dengan dana yang besar dan waktu pelaksanaan yang cepat, maka PT Hotel Indonesia Natour (Persero) memandang perlu melakukan kerjasama dengan pihak yang independen dan professional untuk dapat melakukan reviu secara objektif atas penyusunan Owner Estimate (OE) dan proses pengadaan rekanan pekerjaan jasa konstruksi tersebut. PT Hotel Indonesia Natour (Persero) menggandeng Perwakilan BPKP Provinsi Bali untuk melakukan kegiatan reviu dimaksud.

Pada awal bulan April 2022 Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali, Muhammad Masykur didampingi Korwas Akuntan Negara, Marsudi bersama tim reviu Akuntan Negara telah melakukan entry meeting atas Reviu Penyusunan Owner Estimate (OE) dan Proses Pengadaan Pekerjaan Pembangunan Infrastruktur Dasar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, bersama dengan para stakeholders terkait, di Ruang Rapat Proyek Lobby GIBB Tower. Hadir pada kesempatan tersebut dari pihak Owner PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Dwianto E.W dan tim; Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Bina Karya (Persero), Khoirul Ikhwan dan tim; dan tim Pelaksana Kegiatan PT. PP (Persero) Tbk, Eka R. Sujono dan tim.

Acara dibuka oleh Pimpinan Proyek Pembangunan Infrastruktur Dasar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Dwianto Eko Winaryo dan dilanjutkan pemaparan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali.

Dalam paparannya Muhammad Masykur menyatakan bahwa BPKP melaksanakan reviu tersebut adalah untuk memastikan bahwa tahapan kegiatan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan para pihak dan ketentuan yang berlaku berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

Tim BPKP melakukan reviu yang akan berlangsung selama 25 hari kerja dalam periode bulan Maret 2022 sampai dengan bulan April 2022 di Kantor PT Hotel Indonesia Natour (Grand Inna Bali Beach Sanur Denpasar). Metodologi pelaksanaan reviu dilaksanakan dengan melakukan reviu dokumen, observasi, peninjauan lapangan, konfirmasi, diskusi, dan wawancara dengan Tim Counterpart dan pihak-pihak yang terkait.