BPKP AUDIT LAYANAN UNGGULAN PT PEGADAIAN (PERSERO)

PT Pegadaian (Persero) merupakan satu-satunya badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai.

Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh PT Pegadaian adalah fasilitas Kredit Cepat Aman (KCA) yang merupakan pinjaman terpopuler dan diperuntukan untuk kebutuhan produktif dan konsumtif.

Selain pencairan kredit yang cepat, pengajuannya juga sangat mudah, calon debitur hanya perlu membawa identitas (KTP) dan barang jaminan ke outlet yang tersebar hampir di seluruh penjuru indonesia.

Pada tanggal 23 Mei sampai dengan 1 Juni 2022, Tim Audit Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan melakukan Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (Audit PKKN) terhadap Fasilitas Kredit Cepat Aman di PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Rantau Kantor Cabang Barabai atas permintaan Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Tapin,

Prosedur audit yang dilakukan diantaranya berupa pengumpulan dan evaluasi bukti serta klarifikasi kepada pihak terkait yang didampingi APH setelah melalui tahapan ekspose dan telaah kasus.

Pengumpulan bukti audit dan keterangan dari pihak terkait, dilakukan karena Auditor dituntut mampu mengumpulkan bukti yang memenuhi kriteria cukup, kompeten, dan relevan untuk mendukung kesimpulan adanya kerugian keuangan negara yang nyata dan pasti jumlahnya.

(Kominfo BPKP Kalsel)