COACHING CLINIC PENILAIAN MATURITAS SPIP DAN PENILAIAN RISIKO PADA INSPEKTORAT KABUPATEN BALANGAN

BANJARBARU (16/12), Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan dipercaya untuk menjadi narasumber pada kegiatan coaching clinic Penilaian Maturitas SPIP dan Penilaian Risiko pada Inspektorat Daerah Kabupaten Balangan. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt Inspektur Kabupaten Balangan dan Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam Coaching Clinic tersebut disampaikan gambaran umum manajemen risiko dan alur penyusunan profil risiko beserta Rencana Tindak Pengendaliannya (RTP). Pada saat pemaparan Manajemen risiko disampaikan juga terkait proses pengelolaan risiko yang di lekatkan dengan proses manajemen pemerintah daerah. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan praktik langsung penyusunan risiko pada Inspektorat Kabupaaten Balangan.

Pada hari kedua, disampaikan materi terkait alur penilaian penyelenggaraan maturitas SPIP. Pedoman Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Maturitas SPIP sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan simulasi pengisian kertas kerja secara manual. Penilaian maturitas SPIP Terintegrasi nantinya akan dibantu dengan Aplikasi SPIP Terintegrasi.

(Kominfo BPKP Kalsel)