Pemetaan Jabatan Fungsional Auditor Se-Provinsi Kalimantan Timur

Samarinda, (18/9/2023) - Bertempat di Aula Maratua Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, diadakan acara pembukaan kegiatan Pemetaan Pengelolaan JFA untuk APIP Wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan sampai dengan hari Selasa tanggal 19 September 2023. Hasil dari kegiatan pemetaan ini akan digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan dan kegiatan Pembinaan JFA kepada APIP oleh BPKP. Sedangkan bagi APIP dapat berguna sebagai bahan kebijakan peningkatan kualitas tata Kelola JFA.

Kegiatan diikuti oleh Irban, Kasubag Kepegawaian, PFA, dan Staf dari masing-masing APIP yang berasal dari Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan Hasoloan Manalu, yang diwakili oleh Korwas P3APIPHary Eka S. Pada kesempatan tersebut menyampaikan pokok-pokok kegiatan Pemetaan, bahwa BPKP selaku Instansi Pembina berperan sebagai Human Capital Business Partner yaitu menyiapkan perencanaan, pengembangan kompetensi Jabatan Fungsional,dan penganggarannya serta melakukan pengembangan kompetensi (diklat) secara berkesinambungan.

Diharapkan kedepannya, kompetensi JFA sudah harus dapat mendukung kearah peran Auditor Intern untuk memberi nilai tambah pada level strategis dan makro. Peran APIP akan semakin dibutuhkan dalam menunjang proses manajemen dan pengambilan keputusan dalam menetapkan kebijakan maupun analisis dan evaluasi kebijakan sehingga dapat berjalan optimal untuk mencapai tujuan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Setelah itudilanjutkan dengan paparandan teknis pelaksanaannya oleh PFA Bidang P3A.

 

 

(Tim Kominfo BPKP Kaltim)