Tingkatkan Kapabilitas APIP di Lingkungan Inspektorat Daerah Kab. PPU Melalui Workshop Audit PBJ

Balikpapan, (17/11/2022) - Dalam rangka mendorong peran dan fungsi Auditor Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai Early Warning System atas proses Pengadaan Barang Jasa (PBJ) dan juga mitigasi risiko terjadinya penyalahgunaan dalam PBJ, Inspektorat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur selenggarakan Workshop Audit Pengadaan Barang dan Jasa. Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 17 sampai dengan 19 November 2022 di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan diikuti oleh seluruh Auditor dilingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten PPU.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, membuka acara sekaligus menjadi Narasumber pada kegiatan Workshop tersebut. Bertindak sebagai narasumber, Kepala Perwakilan menyampaikan paparan terkait Titik Kritis Kecurangan pada Pengadaan Barang dan Jasa.

Dalam paparanya, Kepala Perwakilan menyampaikan pentingnya APIP melakukan pengawasan terhadap PBJ. PBJ merupakan area berisiko tinggi yang rawan akan terjadinya fraud  yang mengarah pada tindakan korupsi. Salah satu elemen penting dalam mendeteksi fraud adalah kemampuan untuk mengenal dan mengidentifikasi secara cepat potensi terjadinya kecurangan. Indikasi adanya kecurangan (red flags) bukan berarti telah terjadi adanya kecurangan, namun petunjuk tersebut (indikasi) dapat menjadi perhatian agar seorang auditor lebih waspada bahwa orang yang dicurigai memiliki kesempatan dan kemungkinan dapat melakukan kecurangan.

Sementara PBJ tetap harus memenuhi prinsip Efektif, Efisien, Transparan dan Akuntabel. Apabila ada indikasi fraud, Audit dapat dilakukan dalam bentuk Audit Tujuan Tertentu dan Audit Investigatif/PKKN yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa PBJ yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pada saat menyampaikan paparan diselingi tanya jawab dan diskusi oleh peserta yang sangat antusias.