Tingkatkan Koordinasi Kepala Perwakilan BPKP Kaltim Silahturahmi Dengan Pj. Bupati PPU

Penajam, (15/11/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, didampingi Korwas Bidang Akuntan Negara Prakarsa P. Tambunan, berkunjung ke kantor Bupati PPU dalam rangka koordinasi dan bersilahturahmi dengan Pj. Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Ir. H. Hamdam.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk bersilahturahmi dan berkoordinasi terkait tata kelola pemerintahan yang baik yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah, serta penguatan  Perusahaan Daerah yang berada di PPU. Kepala Perwakilan juga mengatakan bahwa BPKP siap untuk melakukan pendampingan dan perbaikan pada Pemerintahan Kabupaten PPU. 
 
Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan, Pj. Bupati menyambut baik maksud dan tujuan tersebut. Apalagi saat ini IKN berada di kawasan Kabupaten PPU, ini adalah moment untuk melakukan perbaikan pada Tata Kelola Pemerintahan dan Perusahaan Daerah agar lebih baik lagi. 
 
Dalam kesempatan itu juga Pj. Bupati PPU dengan Kepala Perwakilan sepakat untuk menuangkan komitmen Tata kelola yang baik dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Daerah PPU dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, sebagaimana Nota Kesepahaman (MoU) sebelumnya telah berakhir pada tahun 2018.
 
Merapatnya sauh Kapal Ferry di Dermaga Penyebrangan Penajam Paser Utara (PPU),  menandai kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, Hasoloan Manalu bersama Korwas Akuntan Negara, Prakarsa P. Tambunan, dalam memenuhi undangan Bupati Penajam Paser Utara.
Sebelum disambut Bupati, Kepala Kantor masih menyempatkan untuk menemui Para Pegawai PDAM Danum Taka yang telah berkomitmen untuk mengimplementasikan segera Tata Kelola yang Baik dan Manajemen Risiko beserta dokumen infrastrukturnya tahun 2023.
 
Dalam penyambutannya, Bapak Bupati PPU Bpk Ir. H. Hamdam, menyampaikan Perumda di PPU perlu semakin ditingkatkan perannya. Investasi dari dunia luar sangat dibutuhkan untuk memajukan perumda. Menimpali hal tersebut, Bapak Hasoloan menyampaikan, apalagi dengan tantangan menjadi IKN di PPU, dan kejadian pada waktu yang lalu, ditambahkannya, ini moment yang baik untuk berbenah termasuk perumda/bumd yang ada di Kabupaten PPU. Hal ini diiyakan Bapak Bupati dengan menyampaikan Perumda sebagai lokomotif pembangunan daerah, harus maju dengan berkejaran untuk memperbaharui diri; termasuk memperbaiki pengelolaan BUMDES di PPU.
 
Pak Kaper mengusulkan perlunya kerjasama yang baik di kedua belah pihak. Menanggapi tersebut Bupati berpendapat untuk merancang secepatnya perbaikan Perumda di PPU dengan memohon pendampingan bpkp. Pak hasoloan menambahkan juga perlunya penyampaian manajemen risiko kepada Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di PPU. Diakhiri dengan menikmati panganan dari UMKM yang dibawa Bupati dari kunjungan kerja di pagi harinya, kedua belah pihak sepakat untuk memperbarui MOU yang telah ada dalam waktu dekat ini. (Kaltim-PPT).
 
(Kominfo BPKP Kaltim)