BPKP Kaltim Meriahkan Road to HAKORDIA Tahun 2022 di Kalimantan Timur

SAMARINDA (16/11/2022) - Sebagai bentuk penyadaran publik dan pelibatan masyarakat telah ditetapkan bahwa tanggal 9 Desember merupakan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Sehubungan dengan hal tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan Road to Hakordia 2022 di Kalimantan Timur pada tanggal 13, 16 dan 17 November 2022. Road to Hakordia 2022 di Kalimantan Timur mengusung tema Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi yang akan dipusatkan di lingkungan Kantor Gubernur Kalimantan Timur dengan konsep Expo Pelayanan Publik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, menghadiri pembukaan Road to Hakordia 2022 di Kalimantan Timur yang dilaksanakan secara luring dan daring. Bertemakan "Optimalisasi Pendapatan Daerah Sektor Pertambangan Melalui BUMD" diselenggarakan di Gedung Lamin Etam Kantor Gubernur Kalimantan Timur.
 
Hadi Mulyadi Wakil Gubernur Kalimantan Timur membuka acara dengan sambutan baik adanya kegiatan KPK memperingati Hakordia di Samarinda, sehingga ini membuka wawasan kita  bersama dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Dengan tema Optimalisasi Pendapatan Daerah Sektor Pertambangan Melalui BUMD, diharapkan kegiatan aktivitas pertambangan batu bara bisa diawasi dengan baik.
 
Dilanjutkan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, menyampaikan rekomendasi perbaikan sistem pada sektor pertambangan dalam rangka pencegahan korupsi bisa dijalankan dengan baik jika dilaksanakan secara kolaboratif dari pusat sampai dengan daerah. Dirinya menyebutkan bahwa Hakordia Tahun 2022 mengambil tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi”. Tema tersebut mengandung makna simbolik berupa kerjasama dan kolaborasi dalam harmonisasi mencapai tujuan yang mulia yaitu Indonesia bebas dari korupsi.
 
Mengundang secara luring yaitu Gubernur Sulawesi Utara, Pj Gubernur Gorontalo, Gubernur Sulawesi Tengah, Pj Gubernur Sulawesi Barat, Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Sulawesi Selatan, para Bupati/Walikota se-Kalimantan Timur, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Mitra terkait Kalimantan Timur.
 
Acara puncak 16 sampai dengan 17 November 2022 KPK bersama instansi yang melaksanakan pelayanan publik di wilayah Kaltim mengadakan Festival Pelayanan Publik di halaman Kantor Gubernur Kaltim. Pelayanan publik tersebut diselenggarakan oleh Pemkot Samarinda, Polda Kaltim, Kantor Wilayah Kemenkumham, Pemprov Kaltim, Bank Kaltimtara, UMKM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kanwil DJP, PLN Regional Kaltim, Kanwil BPN, PDAM Samarinda, PGN, dan KPK.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)