BPKP Kaltim Meriahkan Dies Natalis ke-60 Unmul tahun 2022 Hadiri Orasi Ilmiah Menteri LHK

SAMARINDA (27/9/2022) - Kepala Bagian Umum Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Siswo Raharjo, m,enghadiri Dies Natalis ke-60 Unmul tahun 2022. Sekaligus hadiri orasi ilmiah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Siti Nurbaya yang memaparkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung konsep suistanability forest city, termasuk partisipasi seluruh masyarakat, stakeholder dan mahasiswa untuk terlibat dalam mewujudkan forest city.

Rektor Unmul Prof Dr Masjaya menjelaskan setiap tahun pada acara Dies Natalis Unmul mengagendakan khusus dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional, baik itu rektor maupun menteri. Gubernur Kaltim H Isran Noor  yang juga Ketua Umum Ikatan  Keluarga Alumni Universitas Mulawarman ( Ika Unmul) Samarinda turut hadir dalam acara tersebut bersama forkopimda provinsi kalimantan timur.
 
Tahun ini Dies Natalis bertemakan Unmul Hebat, Kaltim Berdaulat, IKN Kuat. Melalui tema ini Unmul khusus mengundang Menteri LHK untuk mengupas konsep pembangunan IKN dengan Forest City. Atas kunjungan tersebut Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (Ika Unmul) Samarinda sangat bangga dan antusias.
 
Rektor Unmul mengharapkan paparan pembangunan IKN dengan konsep forest city, menteri LHK bisa menjelaskan kepada seluruh masyarakat Kaltim, bahwa semuanya harus terlibat termasuk peran mahasiswa untuk mewujudkan pembangunan forest city dapat segera terlaksana.
 
"Konsep forest city adalah konsep kota berbasis lanskap yang menempatkan ekosistem hutan sebagai pembentuk struktur ruang perkotaan, orientasi kehidupan masyarakat perkotaan, dan memfasilitasi interaksi antar kegiatan perkotaan. Prinsip pengembangan forest city memuat arahan pembangunan kota yang dapat memaksimalkan fungsi ekologis hutan dengan 10 prinsip pembangunan di bidang lingkungan hidup, ekonomi, sosial budaya, dan tata kelola", ungkap Siti Nurbaya.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)