Kepala Perwakilan BPKP Kaltim Menghadiri Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara Ing Martadipura

Tenggarong, (25/9/2022) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menggelar Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tahun 2022, setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan akibat pandemi covid-19.

Bupati Kutai Kartanegara Edi D, menyampaikan Erau adalah merupakan upacara adat di lingkungan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Upacara adat erau saat ini menjadi event budaya terbesar di tanah air, yang diselenggarakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara bersama dengan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang memadukan ruang aktualisasi seni budaya, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata dan serta bergeraknya perekonomian masyarakat sekitar. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus berkomitmen untuk menjadikan erau sebagai kalender event tetap daerah setiap tahunnya.
 
Kegiatan ini bisa menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Kutai Kartanegara. Erau ini harus kita jaga dan lestarikan, juga diperbaiki kuantitas dan kualitasnya. Ajang adat ini harus dijadikan arena dan saran bermanfaat multiplier effect untuk kesenian, kebudayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat, tandas Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi.
 
Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara Ing Martadipura tahun 2022, di buka langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan Adji Muhammad Arifin, ditandai dengan menyulut api obor, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur juga berkesempatan secara bersama, Wakil Gubernur, Bupati Kutai Kartanegara, serta Forkopimda Kaltim, dan dihadiri perwakilan kesultanan di tanah air yang digelar di Museum Mulawarman Tenggarong.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)