BPKP Kaltim Gelar Pendidikan & Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama Bagi APIP di Pemda

Balikpapan (20/9/2022), - Di Buka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provisni Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Gelar Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama Bagi APIP di Lingkungan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Bertempat di Hotel Platinum Balikpapan kegiatan ini diikuti 35 Peserta dan berlangsung mulai dari tanggal 20 September sampai dengan 4 Oktober 2022.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan, terkait dengan pelatihan ini adalah salah satu merupakan cara untuk meningkatkan keahlian, keterampilan dan profesionalisme kita. Banyak ilmu yang akan didapatkan pada pelatihan kali ini antara lain, tentang Manajemen Pemerintahan, Tata Kelola, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Intern. Sebagai Auditor harus dibekali dengan ilmu yang cukup, sehingga kita bisa menghadapi tantangan atau hambatan yang kedepan semakin luas.

Kepercayaan yang tinggi stakeholder (pemangku kepentingan) kepada APIP menjadi tantangan tersendiri bagi APIP untuk berperan secara efektif memberikan konsultasi, assurance (terjamin) terhadap tupoksi Instansi Pemerintah apakah berjalan efektif dan efisien, berbagai macam penugasan ataupun permintaan dari stakeholder. Disamping itu APIP juga harus memberikan peringatan dini (early warning system).

Kepala Perwakilan juga mengucapkan selamat bagi peserta yang terpilih, agar mengikuti pelatihan dan pendidikan sampai selesai, semoga ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat diterapkan dan bisa berbagi ilmu.

(Kominfo BPKP Kaltim)