Koordinasi Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda Terkait Pembangunan Infrastruktur di IKN

Samarinda (19/9/2022), - Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda Dr. Harya Muldianto, ST., MT., beserta staff mengunjungi Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Perwakilan Hasoloan Manalu, Korwas Bidang IPP M. Syaifullah dan Pengendali Teknis Bidang IPP M. Salahuddin, diruang kerja Kepala Perwakilan.

Kedatangan Kepala BWS Kalimantan IV Samarinda adalah dalam rangka silaturahmi dan menjalin kerja sama dengan BPKP agar dapat dilakukan pendampingan, terutama terkait kegiatan Proyek Pembangunan Infrastruktur yang sedang berjalan dan yang akan dilaksanakan oleh BWS Kalimantan IV Samarinda di wilayah Ibu Kota Nusantara. Saat ini Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR dan BPKP Pusat sedang berkoordinasi terkait pengawasan yang akan dilakukan oleh BPKP. BWS Kalimantan IV Samarinda akan terus berkoordinasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mekanisme pendampingan yang akan dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalimantan Timur terkait pembangunan di IKN tersebut. Pendampingan yang akan dilakukan dapat dilaksanakan setelah pekerjaan selesai atau pada saat termin pembayaran akhir.

Kepala Perwakilan Hasoloan Manalu juga berharap bahwa pihak BWS dapat menyampaikan data terkait kegiatan yang akan dilaksanakan pada wilayah IKN sampai dengan tahun 2024, agar BPKP Kaltim dapat mempersiapkan SDM yang handal untuk melaksanakan pengawasan tersebut. Diharapkan dengan pendampingan yang dilakukan oleh BPKP Kaltim kegiatan pembangunan di wilayah IKN dapat transparan dan akuntabel sesuai ketentuan yang berlaku.

(Kominfo BPKP Kaltim)