Wali Kota Bontang: Inspektorat adalah Instansi Utama

BONTANG (5/9/2022) – Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP Kaltim, Hendri Mustar beserta tim evaluasi kapabilitas  APIP  berkesempatan menemui Wali Kota Bontang, Basri Rase pada hari Senin tanggal 5 September 2022. Dalam pertemuan tersebut, Korwas Bidang P3A  mewawancarai Wali Kota mengenai peran dan hubungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bagi pemerintah Kota Bontang.

Di tengah kesibukan yang tinggi, Wali Kota Bontang yang didampingi oleh Inspektur kota Bontang Enik Ruswati, S.E., M.M., Ak., CA, CGCAE menyempatkan waktunya untuk dapat diwawancara oleh Korwas Bidang P3A BPKP Kaltim. Wawancara peran dan hubungan APIP ini merupakan bagian dari rangkaian evaluasi atas penilaian mandiri kapabilitas APIP yang sudah level 3 sebelum penerapan Perban 8/2021. Wawancara dilaksanakan untuk memastikan bahwa hubungan dan peran Inspektorat Kota Bontang dengan Pemerintah Kota Bontang betul-betul berjalan dengan baik sehingga peran APIP yang efektif dapat diwujudkan.

Bertempat di Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Basri menyatakan bahwa Inspektorat Kota Bontang adalah instansi yang paling utama. Terutama dalam hal memberikan masukan, evaluasi kinerja, monitoring kinerja, bahkan memberikan sanksi. Ia juga menambahkan bahwa hubungan kerja manajemen Pemerintah Kota Bontang dengan Inspektorat Kota Bontang berjalan dengan baik, dan seirama. Menyikapi permasalahan apapun di lingkup Pemerintah Kota Bontang, Wali Kota senantiasa melibatkan Inspektorat Kota Bontang. Bahkan hampir di setiap rapat dan koordinasi dengan pihak eksternal Inspektur selalu mendampingi Wali Kota.

Peran Inspektorat Kota Bontang di atas juga diiringi dengan akses penuh ke berbagai OPD, program, kegiatan, bahkan termasuk ke BUMD. Inspektorat benar-benar dapat menjalankan peran-nya sebagai early warning system.

Inspektorat Kota Bontang telah mendapatkan capaian Level 3 Kapabilitas APIP pada tahun 2019. Pada tahun 2022 ini dilaksanakan kembali evaluasi atas seluruh hasil penilaian mandiri kapabilitas APIP, untuk menjamin dan memastikan bahwa kualitas level kapabilitas APIP tetap terjaga.

(Kominfo BPKP Kaltim)