Rapat Monitoring dan Evaluasi P3DN Di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda

Samarinda (1/9/2022), - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, hadiri Rapat Monitoring dan Evaluasi P3DN di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Bertempat di ruang Mangkupelas Balaikota Samarinda Kegiatan rapat ini dipimpin langsung oleh Walikota Samarinda Andi Harun.

Dalam menindaklanjuti Penggunaan Produk Dalam Negeri, Inpres No. 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi. Tujuan dari monitoring dan evaluasi ini adalah memperoleh update terkait kebijakan P3DN di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda, memperoleh nilai komitmen, memantau proses realisasi belanja produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dan memberi rekomendasi untuk percepatan realisasi belanja.

Walikota Samarinda menyampaikan, sebagai tindak lanjut Pemerintah Kota Samarinda telah melakukan upaya dan langkah-langkah sesuai dengan amanat Inpres No. 2 Tahun 2022 dengan membentuk tim peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan sudah dilakukan sosialisasi tugas pokok dan fungsi tim P3DN, serta membuat komitmen bersama perangkat daerah pengunaan 40% dari pengadaan barang/jasa.

Kemudian Kepala Perwakilan menyampaikan paparan monitoring dari Siswas P3DN dan terkait capaian atau realisasi P3DN Kota Samarinda. Pengawasan P3DN yang dilakukan oleh BPKP yaitu meliputi Aspek Kebijakan, Implementasi, Mekanisme Pengadaan, dan Risiko Fraud. Serta Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Reviu Kebijakan, Reviu Kepatuhan Implementasi Kebijakan, hingga sampai pada Tahap Pelaporan.

 

(Kominfo Kaltim)