Worskhop Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Kota Bontang

Kegiatan workshop penilaian mandiri SPIP Terintegrasi dilaksanakan di Aula Maratua Kantor Perwakilan BPKP Kalimantan Timur selama 2 hari mulai mulai tanggal 18 Agustus s.d 19 Agustus 2022 yang diikuti oleh APIP Kota Bontang dan staf perwakilan dari 17 Organisasi Perangkat Daerah yang akan menjadi sampel Penjaminan Kualitas atas pelaksanaan Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi yang akan dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Bontang.

Kegiatan Workshop SPIP Terintegrasi di buka oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Timur, Hasoloan Manalu dan sebelumnya ada sambutan dari Inspektur Kota Bontang, Enik Ruswati yang mengucapkan terimakasih kepada Perwakilan BPKP Kalimantan Timur yang telah memfasilitasi baik tempat maupun narasumber dan berharap seluruh peserta workshop dapat mengikuti acara dengan baik. Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Timur didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD, Ata Sumirta dan PFA-PFA Bidang APD yang turut membantu terlaksananya acara tersebut.

Dalam sambutan pembukaan acara, Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Timur, Hasoloan Manalu,  mengingatkan kembali bahwa SPIP Terintegrasi perlu diimplementasikan oleh seluruh K/L/D dimana dalam Pasal 47 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mewajibkan setiap Kementerian/ Lembaga /Pemerintah Daerah (K/L/D) untuk menyelenggarakan SPIP. Penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Penyelenggaraan SPIP dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. K/L/D bertanggung jawab menyelenggarakan pengendalian intern dengan melaksanakan identifikasi sampai pemantauan atas risiko dan perbaikan pengendalian, termasuk pengendalian korupsi. Pengelolaan risiko dan pengendalian korupsi yang efektif hanya dapat dilaksanakan dengan dukungan peran APIP yang kapabel. Integrasi antara pengelolaan risiko, pengendalian korupsi, dan APIP yang kapabel akan menjamin keberhasilan pencapaian tujuan K/L/D.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan semoga workshop Penilaian Mandiri SPIP terintegrasi dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta dan dapat berlanjut dengan kegiatan penilaian mandiri yang dilaksanakan oleh seluruh OPD di Pemerintah Kota Bontang dan Penjaminan Kualitas nya oleh Inspektorat Kota Bontang.