Regenerasi Pengurus Baru Koperasi Pegawai Negeri BPKP Kaltim guna Tingkatkan Kesejahteraan Pegawai

SAMARINDA (19/8/2022) - Koperasi merupakan organisasi bisnis berasas kekeluargaan yang menjalankan usahanya dari dan untuk kepentingan anggotanya. Koperasi senantiasa dikelola dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh koperasi adalah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Koperasi Pegawai BPKP Kaltim menyelenggarakan RAT di Aula Maratua BPKP Kaltim Lt. 2 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.

Rapat Anggota Tahunan Koperasi ini bertujuan untuk menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas tahun 2020 dan 2021, menyampaikan rencana kerja anggaran dan pembelanjaan, dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) 2020 dan 2021. Rapat yang dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu ini dihadiri oleh 76 orang anggota dari total 114 orang anggota koperasi yang merupakan perwakilan dari Bagian Umum, Bidang P3A, Bidang IPP, Bidang Investigasi, Bidang APD, dan Bidang Akuntan Negara di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.
 
Dalam sambutan tersebut Kepala Perwakilan mengungkapkan, ”Keberadaan koperasi diharapkan mampu merangsang ekonomi kreatif. Sejalan dengan hal tersebut salah satu fungsi koperasi pegawai BPKP Kaltim adalah menampung hasil usaha anggota untuk kesejahteraan anggotalah yang utama”, ungkap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu.
 
Muhammat Salahuddin ketua dewan pengawas melaporkan hasil opini laporan keuangan yang dilakukan secara internal oleh pejabat struktural dan auditor, bahwa laporan keuangan KPN BPKP Kaltim tahun buku 2020 - 2021 menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan KPN BPKP Kaltim tanggal 31 Desember 2021.
 
Amelya Ardiani selaku ketua Koperasi BPKP Kaltim memberikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas tahun 2020 dan 2021, melakukan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) 2020 dan 2021, pembahasan ADRT dan rencana kerja oleh bendahara 1. Beberapa usulan yang dikemukakan oleh anggota dan disetujui dalam rapat tersebut.
 
Agar dapat melakukan pengelolaan dengan lebih baik, koperasi pegawai BPKP Kaltim melakukan regenerasi kepengurusan melalui pemilihan panitia Adhooc melalui ketua koperasi lama serta pemilihan ketua koperasi yang baru. Terpilih sebagai ketua Koperasi Pegawai Negeri Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang baru adalah kembali sebagai pilihan terbaik dan disepakati oleh seluruh anggota adalah Amelya Ardiani.
 
Pada kesempatan ini sambutan pengurus koperasi baru mengungkapkan, "Kami menyadari akan keterbatasan yang ada namun akan selalu berusaha mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan pelayanan dan usaha, untuk itu demi kesempurnaan pelayanan, kami harapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak. Serta tidak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan Koperasi Pegawai Negeri Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur".
 
Acara ditutup dengan pembagian doorprize dengan hadiah yang luar biasa, seperti sepeda, emas antam, dan lain-lain. Semoga Koperasi Pegawai Negeri Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur senantiasa menjaga mutu manajemen dan tata kelola yang transparan dan akuntabel, kedepannya bisa lebih di arahkan dan dikelola dengan baik, sehingga tujuan awal pendiri bisa tercapai dan terwujudnya pelayanan yang optimal untuk peningkatan kesejahteraan anggota.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)