BPKP Kaltim memberikan Penguatan kepada Inspektorat Kab. Berau

Tanjung Redeb (8/8/2022) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pembinaan kepada Auditor di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Berau, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu didampingi Korwas Bidang APD Ata Sumirta, Korwas Bidang Akuntan Negara Prakarsa Tambunan  beserta tim memberikan materi mengenai Audit Investigatif dan Audit PKKN yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Inspektorat Kabupaten Berau.  Kegiatan ini dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Berau Ir. H Riza Fakhmi, sekretaris Inspektorat Kabupaten Berau Ir. Tumiyem dan seluruh auditor di lingkungan Inspektorat Kabupaten Berau.

Kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur ke Kabupaten Berau selain untuk menjalin silaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang baru juga untuk berbagi ilmu pengetahuan Investigatif di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Berau. Kepala Perwakilan menyampaikan gambaran umum mengenai  audit investigatif dan audit PKKN serta tahap-tahapnya mulai dari pra perencanaan, perencanaan, pengumpulan bukti, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut. Kegiatan berlangsung dengan lancar tecermin dari antusias peserta dalam menyimak materi dan berbagai pertanyaan mengenai teknik audit dan praktik audit investigatif/PKKN yang dilakukan oleh BPKP.
 
Tercapainya akuntabilitas keuangan daerah tentunya bukan hanya tanggung jawab dari APIP semata, diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak dan memahami peran dari masing-masing.  APIP sebagai early warning system / sebagai pendeteksi dini diharapkan sejak awal dapat mencegah terjadinya fraud tidak menunggu adanya permasalahan terjadi.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)