BPKP Kaltim dan Pemkot Samarinda Semakin Eratkan Hubungan Kerja Sama

SAMARINDA ((4/3/2022) - Pada hari Jumat, tanggal 4 Maret 2022, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim dengan Pemerintah Kota Samarinda tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Kota Samarinda.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Supriyadi dan Walikota Samarinda Andi Harun, bertempat di Kantor Walikota Samarinda. Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Samarinda memberikan sambutan antara lain bahwa Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur,selaku instansi Pembina dalam Penerapan SPIP telah banyak bersinergi dengan instansi terkait, membantu Pemerintah Kota Samarinda dalam pelaksanaan manajemen penyelenggaraan pemerintahan, baik berupa penerapan SPIP, pengelolaan keuangan maupun peningkatan kapasitas SDM.  Hal ini tentu saja linear dengan misi Pemerintah Kota Samarinda di bidang pemerintahan yakni mewujudkan pemerintah yang profesional, transparan, akuntabel, dan bebas korupsi dengan memberi ruang bagi partisipasi rakyat.

Kegiatan penandatanganMoU dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur tentang pengembangan manajemen Pemerintah Kota Samarinda, bertujuan antara lain untuk penerapan SPIP dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.Melalui MoU ini, maka Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim dapat memberikanasistensi atas pemanfaatan anggaran daerah dan menjalankan peraturan yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah. Kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Kota Samarinda dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur diharapkan akan berjalan dengan lebih baik lebih, sesuai apa yang kita harapkan bersama.

(Kominfo BPKP Kaltim)