Pelatihan Evaluasi Implementasi SAKIP APIP Se-Kalbar Tahun 2022 Batch 2 Resmi Ditutup

Pontianak (24/6) – Ketukan palu oleh Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menandai berakhirnya pelatihan evaluasi atas implementasi SAKIP bagi pegawai di Inspektorat se-Kalimantan Barat Batch 2. Bekal selama pelatihan diharapkan dapat diimplementasikan guna hasilkan rekomendasi yang mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah dan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome).

“Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme; meningkatnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat; dan meningkatnya kapasitas serta akuntabilitas kinerja birokrasi, penguatan akuntabilitas kinerja harus dilakukan,” demikian disampaikan Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Jonchon Samosir menutup kegiatan Pelatihan Evaluasi atas Implementasi SAKIP bagi pegawai di Inspektorat se-Kalimantan Barat Batch 2 pada Jumat, 24 Juni 2022 di Aula Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Penguatan yang dimaksud Plt. Kepala Perwakilan tersebut diterapkan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan terus dilakukan evaluasi oleh APIP guna mengetahui seberapa jauh implementasinya. Dimana nantinya, hasil dari penilaian dan pemenuhan tersebut dapat menjadi bahan dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah tersebut.

“Sebagai APIP, Bapak Ibu diharapkan dapat memahami dan menguasai proses perencanaan pembangunan yang baik serta memahami bagaimana membangun indikator kinerja yang baik sehingga hasil evaluasi atas implementasi SAKIP yang bapak ibu lakukan dan memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi stakeholders,” harap Plt. Kepala Perwakilan.

Dari hasil evaluasi pelatihan yang diselenggarakan lima hari tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Puji Basuki menyampaikan bahwa dari 26 peserta, terdapat 3 peserta dengan hasil terbaik dari pre dan post tes yang dilakukan. Mereka adalah Partiwi Wahyuni dari Inspektorat Kab. Kapuas Hulu (Peringkat 1), Adil Lusrah dari Inspektorat Kota Pontianak (Peringkat 2), dan Nana Pratiwi dari Inspektorat Kab. Sekadau (Peringkat 3).

Di akhir sambutannya, Plt. Kepala Perwakilan mengajak seluruh peserta untuk tetap bersemangat belajar menambah kompetensi sehingga dapat bersama-sama mengawal dan mendukung penyelenggaraan Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan secara konsisten meningkatkan implementasi SAKIP-nya dan mewujudkan capaian kinerja (hasil) instansi-nya sesuai yang diamanahkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Hadir pula dalam kegiatan penutupan pelatihan tersebut Perwakilan dari Pusdiklatwas BPKP F. Titik Oktiarti, Koordinator Pengawasan Bidang P3A B. Fredy Joko Susilo, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Hisyam Wahyudi, Subkoordinator Keuangan Lilik Prasetyo, Subkoordinator Kepegawaian Bertus. H. Pardede dan Subkoordinator Pengelola BMN RTK Slamet Dadang Kurniadi.

 

Kominfo BPKP Kalbar/FW