Kaper BPKP Kalbar Hadiri Penyerahan LHP BPK Atas LKPD Pemprov Kalbar

Pontianak (13/5) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang berpedoman pada standar pemeriksaan keuangan negara, bahwa penyusunan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 telah sesuai akuntansi pemerintah berbasis aktual. Maka, Opini Wajar Tanpa Pengecualian diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, “ demikian disampaikan Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana saat memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Ketua DPRD Kalimantan Barat M Kebing L dalam sidang paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Barat pada Jumat, 13 Mei 2022.

Dalam sidang paripurna yang juga dihadiri oleh unsur Forkopimda dan kepala Instansi Vertikal di Kalimantan Barat termasuk Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto tersebut, Nyoman memuji capaian yang diraih Kalbar. Dari segi indikator daerah, boleh dikatakan Kalimantan Barat maju telah dan terpenuhi. Hasil capaian yang dimiliki Kalimantan Barat juga memperlihatkan berada diatas nasional.

Namun, BPK RI tetap memberikan beberapa catatan LHP keuangan Pemprov Kalbar di APBD 2021. Hanya angkanya tidak besar, sekitar Rp3 miliar saja. Ada batas waktu selama 60 hari untuk dilakukan perbaikan.

Menjawab pernyataan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berkomitmen selama 60 hari kedepan untuk melakukan perbaikan dari apa yang tercatat oleh BPK.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto didampingi Korwas Bidang APD Jonchon Samosir dalam kesempatan terpisah mengharapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan dapat terus berkomitmen melakukan perbaikan-perbaikan sesuai catatan yang diberikan oleh BPK. Kaper mengatakan siap untuk mendampingi Pemprov Kalimantan Barat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

 

Kominfo BPKP Kalbar/FW