BPKP Jawa Timur Dukung Program Pemerintah Swasembada Gula

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam swasembada gula, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan lapangan ke lokasi Pabrik Gula Asembagoes dan Pabrik Gula Djatiroto, untuk melakukan identifikasi permasalahan yang terkait dengan belum tercapainya target produksi gula pada kedua pabrik gula tersebut.

Tim dari Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan pada kedua pabrik gula tersebut pada tanggal 1 sampai dengan 3 Augustus 2022. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi dan Koordinator Pengawasan Bidang AN1 Triyono JP menyertai tim tersebut melakukan identifikasi permasalahan. Hasil dari identifikasi permasalahan pada kedua pabrik gula tersebut adalah terutama berkaitan dengan belum perfomnya peralatan yang terpasang dan belum selesainya progress pekerjaan sesuai dengan kontrak.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Kepala Perwakilan Alexander Rubi memberikan saran atas permasalahan tersebut, antara lain :

1. Agar para pihak melakukan pengamatan operasional pabrik untuk memastikan peralatan pabrik yang belum optimal

2. Agar para pihak secara paralel menyelesaikan masalah administratif dan teknis untuk mempercepat progress pekerjaan.

3. Tindak lanjut penyelesaian permasalahan agar dilaporkan, dibahas, dan diputuskan dalam Top Level Management KSO, PTPN XI dan PTPN III selaku holding.