Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Auditor Dalam Pelaksanaan Tugas Pengawasan

Sidoarjo – Sesuai dengan Kalender Diklat Pusdiklatwas BPKP Tahun 2022, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembentukan Auditor Terampil Bagi Pegawai di Lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Penyelenggaraan diklat ini ditujukan untuk membentuk profesionalisme auditor dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan agar berjalan berjalan secara efisien, efektif, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diklat tersebut direncanakan diselenggarakan selama 95 jam pelatihan, mulai tanggal 19 sampai dengan 29 Juli 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang, yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Flores Timur 1 orang, Inspektorat Kabupaten Bima 1 orang, Inspektorat Kota Bima 2 orang, Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara 5 orang, Inspektorat Kabupaten Tuban 8 orang, dan Inspektorat Kabupaten Jombang 15 orang.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi mengemukakan penyelenggaraan diklat ini merupakan bentuk komitmen BPKP untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kapabilitas, dan kompetensi tertentu bagi SDM APIP, sehingga dapat memperkuat SDM APIP yang sudah ada. Melalui diklat ini, peserta diharapkan dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dilandasi kepribadian dan etika ASN, sesuai dengan kebutuhan instansi.

Untuk itu, Alexander Rubi berharap kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti diklat ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi, kapabilitas, dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan di instansi masing-masing.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi, didampingi Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Sudarto, menyematkan tanda peserta diklat kepada wakil dari Inspektorat Kabupaten Flores Timur dan Inspektorat Kota Bima.

Selanjutnya, kegiatan Diklat Pembentukan Auditor Terampil Bagi Pegawai di Lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dimulai dengan penyampaian materi diklat oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Sudarto.