BPKP DIY Hadiri Launching Pemberian Vaksin PMK

Sabtu (25/6), Perwakilan BPKP D.I.Yogyakarta yang diwakili oleh Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat Bambang Kardiono menghadiri acara launching pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah D.I.Yogyakarta pada Kelompok Ternak Koperasi Sarono Makmur, Dusun Srunen, Desa Glagahrejo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Pemberian vaksin tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menanggulangi PMK yang saat ini tengah mewabah di Indonesia. Menurut data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan D.I Yogyakarta, sampai dengan 24 Juni 2022 PMK telah menyerang 5.249 ternak. Dari 4.800 dosis vaksin tahap pertama yang diterima D.I.Yogyakarta, Kabupaten Sleman memperoleh 3.100 dosis vaksin yang akan diberikan kepada sapi perah, maupun prioritas ternak lainnya. Sedangkan sisanya dialokasikan untuk Kabupaten Gunungkidul sebanyak 500 dosis, Kabupaten Kulon Progo 300 dosis, Kabupaten Bantul 200 dosis, UGM dan Kota Yogyakarta 200 dosis, dan UPTD sebanyak 400 dosis.

Acara launching dihadiri oleh Direktur Pakan Ternak Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Pemerintah D.I.Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten II, Bupati Sleman, Dandim Sleman, Kapolres Sleman, Dinas teknis terkait, dan para peternak di wilayah Kecamatan Cangkringan. Dalam kesempatan tersebut Direktur Pakan Ternak menyampaikan bahwa sapi perah didahulukan diberikan vaksin PMK antara lain karena sapi perah memiliki peran ekonomi yang relatif lebih lama dibandingkan sapi potong. Apabila sapi perah terjangkit PMK akan berakibat produksi susu nasional menurun dan menghambat pencapaian swasembada susu.

Acara launcing ditandai dengan penyerahan secara simbolis paket vaksin dari Direktur Pakan Ternak kepada Pemerintah D.I.Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten II, untuk kemudian dilakukan penyuntikan oleh petugas.

Kominfo BPKP DIY/Niken KW