Dongkrak Nilai MCP KPK melalui Implementasi Siswaskeudes

Klaten. Percepatan pembangunan dan perbaikan tata kelola keuangan desa tak lepas dari peran APIP dalam melakukan pengawasan. Selama dua hari sejak Rabu (20/4) Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta memberikan bimbingan teknis di Inspektorat Kabupaten Klaten sebagai upaya optimalisasi penggunaan teknologi informasi dengan pendekatan berbasis risiko melalui implementasi Siswaskeudes. Bimtek dihadiri oleh Pengendali Teknis mewakili Koordinator Pengawas JFA Bidang P3A Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Suratman, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Klaten Agus Setyawan Prasetyoko, para Inspektur Pembantu (Irban) di lingkungan Inspektorat Kabupaten Klaten, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, para auditor dan P2UPD di lingkungan Inspektorat Kabupaten Klaten sebanyak 20 orang.

Agus Setyawan dalam sambutannya berharap bimtek saat ini dapat mengaktifkan kembali audit dengan Siswaskeudes. Pada tahun 2019 Bimtek Siswaskeudes juga pernah dilaksanakan, namun implementasinya masih belum berjalan secara optimal. Selain itu dengan diselenggarkannya bimtek ini akan dapat meningkatkan nilai Monitoring Centre for Prevention (MCP) KPK yang kondisi tekini masih perlu ditingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Suratman menyampaikan bahwa dengan Siswaskeudes, kualitas dan efektifitas  pengawasan dapat ditingkatkan melalui ketepatan penentuan prioritas desa yang menjadi objek pengawasan dan pendokumentasian kertas kerja, serta laporan hasil pengawasan yang lebih tertib dan terstandar sejak perencanaan. Suratman juga mengungkapkan bahwa penerapan Siswaskeudes ini merupakan bagian dari upaya pemenuhan target indikator Monitoring Centre for Prevention (MCP) KPK sebagai strategi pencegahan korupsi.

Melalui implementasi Siswaskeudes, akan sangat membantu kegiatan pengawasan terhadap desa yang ada di Kabupaten Klaten. Jumlah seluruh desa di Kabupaten Klaten yang harus diawasi sebanyak 391 desa. Terhadap seluruh desa tersebut akan dilakukan audit secara bertahap sesuai hasil penilaian risiko dengan tools yang ada di aplikasi Siswaskudes.

(Kominfo BPKP DIY/ros)

Rev:Ben