Siapkan Penilaian Mandiri, BPKP DIY Lakukan Workshop Kapabilitas APIP dan IEPK

Kamis (7/4) Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta melaksanakan Workshop Penilaian Kapabilitas APIP secara daring. Acara diikuti 84 peserta yang terdiri dari Sekretaris, Inspektur Pembantu, Pejabat Fungsional Auditor maupun Pejabat Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD) dari 12 Inspektorat di wilayah kerja Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta.

Koordinator Pengawasan Bidang Program Pelaporan dan Pembinaan APIP Ratna Wijihastuti dalam sambutan pembukannya menyatakan bahwa SPIP Terintegrasi merupakan upaya untuk mencapai akuntabilitas dan tata kelola yang lebih baik. APIP mempunyai peran penting melakukan Penjaminan Kualitas atas Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Pemda masing-masing. Untuk itu, APIP pun harus meningkatkan kapabilitasnya. Sesuai Peraturan BPKP Nomor 5 Tahu 2021 dan Nomor 8 Tahun 2021, penilaian Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, dan IEPK akan dilakukan secara simultan dan terintegrasi.  

Sementara itu Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Ety Farida dalam sambutannya menguraikan bahwa penilaian Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) merupakan upaya untuk memotret kemajuan pengelolaan risiko korupsi di Pemda demi tri-strategi pengawasan intern area korupsi yang lebih terukur dan integratif. IEPK berdiri di atas pilar Kapabilitas Pengelolaan Risiko Korupsi, Penerapan Strategi Pencegahan, dan Penanganan Kejadian Korupsi.

Materi yang disampaikan dalam Workshop yaitu Overview dan Proses Bisnis Kapabilitas APIP, Pengisian Kertas Kerja sesuai Suplemen Peraturan BPKP Nomor 8 Tahun 2021, dan IEPK. Setelah paparan materi dari narasumber yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, Workshop diakhiri dengan praktik penilaian Kapabilitas APIP melalui aplikasi.

Kominfo BPKP DIY/4ita