BPKP DIY Tanamkan Budaya Anti Korupsi Bagi Mahasiswa

Perwakilan BPKP DIY bersama dengan Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Anti Korupsi bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta. Acara sosialisasi tersebut mengusung tema “Peran Mahasiswa Dalam Mencegah dan Menanggulangi Korupsi” dan berlangsung secara luring selama dua hari, tanggal 29 sampai dengan 30 Maret 2022. Acara Sosialisasi Anti Korupsi ini dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta dan dihadiri 105 mahasiswa perguruan tinggi Swasta di Wilayah LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta.

Narasumber Sosialisasi Anti Korupsi dari Perwakilan BPKP DIY disampaikan oleh Sasana Dwiputra Alexander.  Dalam paparannya, Sasana Dwiputra Alexander menyampaikan gambaran umum korupsi, teori korupsi, dampak korupsi, upaya pemberantasan korupsi (preventif, edukatif dan represif) dan peran mahasiswa dalam mewujudkan budaya anti korupsi.

Di akhir paparannya, Sasana Dwiputra Alexander mengingatkan bahwa usaha memerangi korupsi harus dilakukan bersama-sama, baik oleh instansi pemerintah maupun masyarakat/mahasiswa, secara komprehensif dengan menggunakan tiga strategi: preventif, edukatif dan represif/investigatif. Peran lain dari mahasiswa dalam mewujudkan budaya anti korupsi yaitu sebagai motor penggerak utama (agent of change) gerakan anti korupsi di Indonesia.

Pelaksanaan sosialisasi anti korupsi bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta mendapat respon yang baik dari para peserta. Seluruh perserta cukup antusias mengikuti sosialisasi dengan menyampaikan pertanyaan berdasarkan pemahaman yang diperoleh selama kegiatan berlangsung.

(Kominfo BPKP DIY/DediF)