Tingkatkan Sinergitas dengan APIP, BPKP DIY Ngangkring Bareng Para Inspektur

Rabu (23/3) Perwakilan BPKP D.I Yogyakarta mengadakan acara Rapat Koordinasi Pimpinan APIP se-wilayah kerjanya dengan tema “Sinergitas APIP dalam Pengendalian Korupsi, Tingkatkan Evektivitas Pengendalian Intern”. Dikemas dalam bentuk bicang santai “Yuk, Ngangkring Bareng Inspektur” di Angkringan Pak Dirman (Hadir Bermanfaat). Acara Rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh para Inspektur, Sekretaris dan Inspektur Pembantu di wilayah kerja Perwakilan BPKP D.I Yogyakarta.

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Adi Gemawan menyampaikan bahwa Perwakilan BPKP D.I Yogyakarta dan Inspektorat selama ini telah bersinergi dalam melaksanakan pengawasan. BPKP D.I Yogyakarta dan Inspektorat bersinergi untuk  meningkatkan kinerja Perangkat Daerah agar semakin meningkat serta mengutamakan good and clean government.

Terkait hal tersebut, APIP harus memperkuat dirinya, salah satunya dengan mencapai Kapabilitas APIP Level 3 menuju Level 4. Menurut Adi Gemawan, unrtuk dapat  naik ke Level 4, Inspektorat harus mampu mengimplementasikan Risk Management Based Audit (RMBA). Agar RMBA tercapai, Manajemen Risiko Perangkat Daerah harus sudah mencapai minimal maturitas Level 3, yang dinilai melalui MRI (Manajemen Risiko Indeks).  Selain itu agar APIP kehadirannya dapat memberikan manfaat dan sumbangan strategis kepada Kepala Daerah, APIP harus melakukan tiga hal yaitu assurance, insight, dan objectivity.

Sementar itu Plt. Inspektur D.I Yogyakarta, Sumadi yang saat ini juga menjabat sebagai Asisten Setda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, menyampaikan peran Inspektorat adalah memberikan keyakinan kepada Kepala Daerah bahwa apa yang dilakukannya memberi manfaat bagi Pemda.  Selama ini Inspektorat selalu menjadi rujukan dari Perangkat daerah lain sehingga dalam bekerja harus mengedepankan ajaran moral Jawa yaitu Sawiji, Greget, Sengguh, Ora Mingkuh (konsentrasi, semangat, percaya diri dengan rendah hati dan bertanggung jawab). Disamping itu dalam dalam memberikan pernyataan atau pendapat harus jelas dan memiliki dasar (maton), tidak asal bicara (waton).

Di akhir acara, dibuka dialog yang terkait SPIP Terintegrasi, Manajemen Risiko, Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK), Kapabilitas APIP dan permasalahan pengawasan intern lainnya. Para Inspektur berharap acara koordinasi semacam ini dijadikan agenda rutin agar APIP mempunyai wadah bertukar pikiran dan berdiskusi.

Kominfo BPKP DIY (4ita/rawie-diy)