SPIP Mengawal Menuju Kota Yogya Lebih Maju

Senin (21/03), bertempat di Ballroom Hotel Royal Darmo digelar acara Penggalangan Komitmen Kepala Perangkat Daerah serta Penyelenggaraan Pelatihan Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP. Acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Yogyakarta, Sekretaris Kota Yogyakarta, Kepala Perwakilan BPKP DIY, Inspektur Kota Yogyakarta, Kepala Bappeda Kota Yogyakarta dan Kepala Perangkat Daerah se-Kota Yogyakarta.

Penggalangan komitmen ditandai dengan penandatanganan pernyataan komitmen untuk menyelenggarakan maturitas SPIP Terintegrasi oleh Kepala Bappeda selaku koordinator penilaian mandiri, Inspektur selaku penjamin kualitas, dan Sekretaris Daerah selaku koordinator pelaksana penilaian mandiri penyelenggaraan SPIP terintegrasi, disaksikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta dan Kepala Perwakilan BPKP DIY.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka sekaligus mengapresiasi pentingnya acara penggalangan komitmen dan pelatihan penilaian mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP karena salah satu upaya dalam rangka mewujudkan penyelengaraan pemerintah yang baik. Heroe Poerwai berharap semua PD memahami program dan kegiatan Pemerintah Kota Yogyakarta agar target kota tercapai. Beliau berpesan pesarta pelatihan di setiap PD memahami Maturitas SPIP dan target pemeritah Kota Yogyakarta sehingga saling terintegrasi dan dapat memberikan manfaat serta kemajuan Pemerintah Kota Yogyakarta.  

Kepala Perwakilan BPKP DIY, Adi Gemawan dalam sambutanya menyampaikan dengan dilaksanakanya penandatanganan komitmen ini menjadi titik awal untuk meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini SPIP berada dalam tahap internalisasi dan aktualisasi. Target RPJMN 2020-2024 bukan lagi SPIP level 3, tetapi Manajemen Risiko Indeks level 3. Dengan adanya perubahan target tersebut, diperlukan pembangunan komitmen dan penguatan kembali bahwa ke depan pelaksanaannya berada di masing-masing PD. Kalau sebelumnya SPIP dimotori oleh Inspektorat, saat ini penilaian mandiri SPIP adalah tugas manajemen dan pelaksanaannya berada di masing-masing PD, sementara Inspektorat yang melaksanakan penjaminan kualitas.

Komitmen penerapan SPIP Terintegrasi di Pemerintah Kota Yogyakarta dilanjutkan dengan Pelatihan Penilaian Mandiri  Maturitas SPIP Terintegrasi dengan narasumber dari Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta.

Kominfo BPKP DIY/&ie