Kabupaten Purworejo Berkomitmen Wujudkan Daya Saing Kualitas Pelayanan Publik

Sleman, Rabu (16/03) bertempat di Ballrom The Alana Hotel & Convention Center, Pemerintah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Purworejo Tahun 2022 dengan tema “Integritas dan Profesionalitas APIP Menjamin Kualitas Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Menuju Tata Kelola Kelembagaan Berkelas Dunia”. Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Purworejo, Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta, Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo, Inspektur Kabupaten Purworejo, Inspektur Kabupaten Temangung, Inspektur Kabupaten Wonosobo, Kepala Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Kabupaten Purworejo.

Inspektur Purworejo, R. Achmad Kurniawan mengawali dengan memaparkan hasil pengawasan APIP dan capaian kinerja Inspektorat Kabupaten Purworejo Tahun 2021. Menurut Achmad Kurniawan, Larwasda bertujuan untuk mencapai kesamaan pemahaman dan komitmen guna mewujudkan daya saing kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik menuju tata kelola kelembagaan berkelas dunia.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Astuti dalam sambutan pembukaan mengapresiasi dan mendukung digelarnya kegiatan Larwasda sebagai upaya mendukung akselerasi good goverment dan clean governance. Beliau menyampaikan pentingnya pengawasan dalam mendukung misi Kabupaten Purworejo yaitu meningkatkan daya saing, kualitas pelayanan publik, dan penyelenggaraan pemerintah yang baik,. Yuli Astuti menegaskan agar Inspektorat Kabupaten Purworejo melakukan pengawasan sedini mungkin dan mampu memperluas peran pengawasan dengan menitikberatkan pada fungsi penjaminan mutu, fungsi konsultansi dengan memberikan masukan dan membantu pemecahan masalah serta intensifikasi sosialisasi dan edukasi perkembangan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Adi Gemawan yang hadir sebagai narasumber, mengapresiasi Inspektorat Kabupaten Purworejo atas capaian-capain yang luar biasa di tahun 2021. Untuk mencapai dan mengawal tujuan, misi, dan visi sesuai RPJMD Tahun 2021-2024 Pemerintah Kabupaten Purworejo, maka diperlukan penyelenggaraan SPIP dalam setiap aktivitas proses dan bisnis dalam mencapai tujuan tersebut.

Masih dalam rangkaian kegiatan Larwasda, di hari berikutnya, diselenggarakan penandatanganan komitmen penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Penandatanganan komitmen disaksikan langsung oleh Bupati Kabupaten Purworejo dan Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta.

Kominfo BPKP DIY/&ie