Kabupaten Brebes Komitmen Raih Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3

Brebes (19/4) - Bertempat di Kantor Baperlitbangda Kabupaten Brebes, telahdilaksanakan Pembukaan Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi yang dihadiri Pimpinan Manajemen Pemerintah Daerah dan Kepala OPD se-Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, dalam sambutannyasaat membuka Diklatmenyampaikan ucapan terima kasih kepada  Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yang selalu mendampingi Pemkab Brebes dalam mengawal akuntablitas pemerintah daerah termasuk melalui Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi kali ini.Manajemen Pemkab Brebes dan segenap jajaran berkomitmen untuk meraih Maturitas SPIP Level 3 dan Kapabiltas APIP Level 3. Upaya maksimal tentu akan dilakukan untuk meraihnya.

Di lain pihak Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Tri Handoyo dalam sambutannya menekankan bahwa SPIP bukan merupakan suatu hal yang baru. Pemkab Brebes selama ini telah melaksanakannya, hanya saja perlu ditata dalam administrasi dan pelaksanaannya agar sesuai ketentuan yang diatur dalam PP 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah termasuk turunan peraturan terkait tentang Penilaian Maturitas SPIP, Manajemen Risiko (MR), Fraud Risk Assessment (FRA) dan Penilaian Kapabalitias APIP. Akuntabilitas keungan negara harus ditopang dengan implementasi SPIP danMRyang Efektif pada seluruh tahapanpengelolaan keuangan negara tegas Kepala Perwakilan.

Tri Handoyo pada kesempatan itu juga menegaskan, masih terdapat beberapa kendala pencapaian Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3 yang perlu dibenahi,  antara lain perlu perbaikan rumusan sasaran program/kegiatan/sub kegiatan dalam dokumen perencanaan, peningkatan pemahaman OPD tentang MR, penerapan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) dan pelaksanaan Audit Kinerja Berbasis Risiko atas Program Prioritas Pemkab Brebes.

Bimtek ini dihadiri pimpinan OPD dan pegawai terkait se-Kabupaten Brebes. Tim BPKP yang mendampingi bimtek SPIP Terintegrasi ini merupakan kolaborasi Bidang APD dan P3A. Setelah sosialisasi dan pembukaan yang dihadiri Kepala OPD, selama  tiga hari berikutnya akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis Penilaian Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP termasuk implementasi aplikasi pendukung berbasis web yang telah dikembangkan oleh BPKP untuk memudahkan asesor pemda dan asesor OPD dalam melakukan penilaian dan memudahkan pemantauan serta evaluasi oleh BPKP Perwakilan maupuan BPKP Pusat.

(Kominfo BPKP Jateng BPS/Din)