Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kab. Karawang

Workshop dilaksanakan secara hybrid, dibuka oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dan dihadiri langsung oleh 250 peserta yang terdiri dari para Kepala Desa, para camat, dan kepala OPD di Kabupaten Karawang dan sisanya mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting.
 
Bertindak sebagai narasumber, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komaruddin, Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Ihram, SH., MM., yang menyampaikan paparannya melalui zoom meeting, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Drs. Dedi Sopandi, M.A.P.,  dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana dengan moderator, Sekda Karawang Drs. Acep Jamhuri, M.Si.
 
Materi yang disampaikan dalam workshop tersebut adalah Peran DPR RI terhadap Pembangunan Desa Khususnya dalam Masa Pemulihan Perekonomian Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Desa, Mekanisme Penyaluran dan pertanggungjawaban Dana Desa serta Pengawalan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan di Desa.
 
Dengan adanya workshop tersebut, diharapkan keuangan desa dikelola dengan berintegritas, transparan dan akuntabel serta dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa agar terhindar dari permasalahan hukum.
 
(APD2/Humas Jabar)