BPKP DKI Jakarta Lakukan Reviu Tata Kelola, Tol Desari Segera Terhubung Dengan JORR II

Jakarta (25/10/2022), Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Waspphutowa (CW) selaku pemilik konsesi Jalan Tol Depok – Antasari (Desari) saat ini sedang mengerjakan ramp pada Krukut Junction yang nantinya akan menghubungkan Jalan Tol Desari dengan Jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) dan Jalan Tol Serpong – Cinere yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road II (JORR II). Simpang susun Krukut merupakan bagian dari Jalan Tol Desari Seksi 2 yang dimulai di Brigif dan berakhir di Sawangan sepanjang 6,3 km, yang terbagi menjadi 2 subseksi meliputi Seksi 2A Brigif – Krukut sepanjang 2,7 km dan Seksi 2B Krukut – Sawangan sepanjang 3,6 km. Dengan terhubungnya ketiga jalan tol tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas kendaraan dari dan ke Jakarta, Depok, Bogor serta Bandara Soekarno-Hatta.

Bertempat di kantor PT CW, Jl.Cilandak Permai Raya No. 100, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, dilakukan rapat pembahasan progres pelaksanaan pembangunan Proyek Jalan Tol Depok – Antasari pada Senin 24 Oktober 2022 yang dihadiri oleh Direktur Teknik dan Operasi PT CW Dionisius Widijanto dan staf, PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Depok – Antasari Triana Meilinda dan staf, Satgas Pelaksana Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kota Depok, dan Tim Reviu Perwakilan BPKP DKI Jakarta. Dionisius Widijanto menjelaskan bahwa saat ini Jalan Tol Depok – Antasari Seksi 1 Antasari – Brigif dan Seksi 2 Brigif – Sawangan telah beroperasi, namun koneksi dengan Jalan Tol Cinere – Jagorawi di sisi timur dan Jalan Tol Serpong – Cinere di sisi barat pada Krukut Junction belum dapat diselesaikan karena sempat terkendala pembebasan tanah di wilayah tersebut yang merupakan tanggung jawab Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah dan BUJT Jalan Tol Cinere – Jagorawi. Saat ini masih tersisa 1 bidang tanah di Krukut Junction yang menghambat penyelesaian badan jalan ramp Krukut namun proses konstruksi sudah bisa dilaksanakan sambil menunggu penyelesaian pembebasan 1 bidang tanah tersebut, yang saat ini dalam proses pengumpulan dokumen untuk persiapan validasi oleh Pelaksana Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kota Depok. Jika pembangunan Krukut Junction yang ditargetkan selesai pada akhir Oktober 2022 ini selesai maka konektivitas antara Jalan Tol Depok – Antasari dengan Jalan Tol Cinere – Jagorawi dan Jalan Tol Serpong – Cinere yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) akan semakin meningkatkan mobilitas warga dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Jakarta, Depok, Bogor, dan sekitarnya.

Jalan Tol Depok – Antasari memiliki total panjang 27,94 km yang terdiri dari 4 seksi yaitu Seksi 1 Antasari – Brigif sepanjang 5,8 km, Seksi 2 Brigif – Sawangan sepanjang 6,3 km, Seksi 3 Sawangan – Bojonggede sepanjang 9,5 km, dan Seksi 4 Bojonggede – Salabenda sepanjang 6,4 km. Saat ini Seksi 1 dan Seksi 2 telah beroperasi, sedangkan Seksi 3 dalam tahap pembebasan tanah dimana progres per tanggal 21 Oktober 2022 sebesar 22,82% atau sebanyak 395 bidang dari target Seksi 3 sebanyak 1.888 bidang. Seksi 3 ditargetkan dapat mulai proses konstruksi pada akhir semester I tahun 2023 dan dapat beroperasi pada triwulan I tahun 2025.