Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3

Lampung Barat – Kamis (3/2) Inspektorat Kabupaten Lampung Barat menerima piagam penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas prestasinya dalam pencapaian Kapabilitas APIP Level 3. Penghargaan ini ditandatangani langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Bapak Raden Suhartono dan diberikan berdasarkan hasil quality assurance yang telah dilaksanakan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Bapak Sumitro hadir secara langsung untuk menyampaikan piagam penghargan tersebut dan diterima oleh Wakil Bupati Lampung Barat, Bapak Mat Hasnurin. Turut hadir dalam acara tersebut ada Inspektur Kabupaten Lampung Barat, Bapak Sudarto dam Inspektur yang menjabat sebelumnya, Bapak Nukman.

Apakah masih ada Sobwas yang belum tahu tentang SPIP dan Kapabilitas APIP?

SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

Sedangkan, Kapabilitas APIP adalah kemampuan APIP untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan untuk mendukung pencapaian tujuan strategis organisasi.

Dalam acara tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung tegaskan bahwa dalam pelaksanaan tupoksi, Inspektorat diberi mandat sebagaimana tercantum dalam Internal Audit Charter yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala daerah Nomor 34 Tahun 2021 (revisi).

Dalam IAC telah ditetapkan kewenangan Inspektorat dalam melaksanakan kegiatan pengawasan untuk melakukan:

  1. Pemerikasaaan, Reviu, Pendampingan, Konsultasi, Monitoring dan Evaluasi terhadap perangkat daerah dan unit kerja
  2. Memperoleh akses dan informasi secara penuh terhadap seluruh TUSI OPD/Unit Kerja dlm rangka pelaksanaan tugasnya
  3. Memiliki akses informasi terhadap pengelolaan euangan Daerah yang dilakukan oleh Lembaga Lain (BUMD)

Pengukuran Efektivitas dan Kapabilitas APIP, menggunakan mekanisme penilaian yang diterapkan secara internasional, sehingga terdapat standar kualifikasi profesional dan karakteristik APIP yang kapabel dan efektif.

Untuk menjadi insan BPKP yang #hadirbermanfaat BPKP selaku Pembina Inspektorat memberi dukungan antara lain, sebagai berikut:

  1. Melaksanakan “Bimbingan Teknis” dalam pemenuhan 6 elemen PK APIP sebagai persyaratan untuk mencapai Level 3;
  2. “Pendampingan”penyusunan Risk Register OPD dan melaksanakan Audit Kinerja/Audit Ketaatan serta Penilaian Mandiri PK APIP
  3. “Penjaminan Kualitas” atasPenilaian Mandiri Kap APIP Level 3 oleh Perw BPKP Prov Lampungdan Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

Meskipun telah mencapai Level 3, ada hal-hal yang yang masih perlu ditingkatkan, yakni:

1.       Menguatkan dukungan terhadap pelaksanaan tugas APIP melalui pemenuhan kebutuhan SDM, penyediaan anggaran yang memadai untuk meningkatkan kompetensi SDM (diklat dan sertifikasi), penyediaan sarpras berbasis TI, serta pembiayaan operasional pengawasan intern;

2.       Mendorong manajemen pemerintah daerah untuk meningkatkan kematangan pengelolaan risiko dan mendorong APIP meningkatkan dan mengimplementasikan Kapabilitas APIP Level 3 dalam rangka memberi kontribusi perbaikan tata kelola, pengelolaan risiko, dan pengendalian intern organisasi.

 

Humas BPKP Lampung