Kapabilitas APIP se-Provinsi Lampung Harus Berada di Level 3 Tahun 2018

Dalam sambutannya beliau menegaskan kembali bahwa sesuai target tahun 2018 seluruh APIP se-Provinsi Lampung harus berada di Level 3. Menurut catatan yang dimiliki oleh Bidang Prolap dan Pembinaan APIP, APIP di Provinsi Lampung masih memiliki beberapa kendala dalam pencapaian target Level 3 di tahun ini. Kendala tersebut antara lain:

1.     Pemenuhan Infrastruktur Level 3;

2.     Pelaksanaan Audit Kinerja di beberapa OPD;

3.     Penyusunan Peta Kompetensi, yang nantinya digunakan sebagai dasar penyusunan rencana pengembangan pegawai dan PKPT;

4.     Implementasi Kendali Mutu yang mendukung pelaksanaan praktik profesional APIP;

5.     Penyusunan dan penyampaian Laporan Hasil Pengawasan APIP kepada Kepala Daerah.

Dalam workshop kali ini, diberikan beberapa materi tentang peningkatan Kapabilitas APIP antara lain penyusunan Peta Kompetensi dan Peta Auditan (Audit Universe), penyusunan Program Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR), pelaksanaan kegiatan jasa advisory, SAKIP, dan penyusunan anggaran berbasis risiko. “Saya berharap pembinaan yang dilakukan BPKP Lampung untuk mengawal APIP se-Provinsi Lampung menuju Level 3 direspon dengan baik, dilengkapi kekurangan infrastruktur Level 3 serta diimplementasikan dengan baik apa yang telah disusun dan dimiliki” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Koordinator Pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A), serta para Narasumber Workshop dari Bidang P3A.

Humas Lampung