BPKP Cetak Auditor Berkualitas dengan Transformasi Digital Pembinaan JFA

JAKARTA (3/10/2022) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meluncurkan Sistem Informasi Layanan Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (JFA). Sistem Informasi Layanan Pembinaan JFA diluncurkan secara langsung oleh Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto didampingi oleh Kepala Pusat Pembinaan JFA (Pusbin JFA) BPKP Iwan Agung Prasetyo. Peluncuran disaksikan secara langsung oleh Dewan Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia, inspektur jenderal kementerian, inspektur lembaga, dan inspektur daerah di seluruh Indonesia.

Ernadhi menjelaskan bahwa upaya pengembangan kompetensi auditor sesuai dengan standar yang telah ditentukan merupakan salah satu fungsi dari pembinaan JFA oleh BPKP selaku instansi pembina JFA. Oleh karena itu Pusbin JFA BPKP mengembangkan Sistem Informasi Layanan Pembinaan JFA sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan ke-JFA-an secara berkelanjutan. “Kami berharap pembinaan dan layanan JFA menjadi semakin dekat dan cepat dalam merespon kebutuhan pembinaan auditor di seluruh APIP kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah,” katanya pada Senin (3/10).

Ernadhi juga berharap bahwa peluncuran Sistem Informasi Layanan Pembinaan JFA dapat menjadi salah satu upaya BPKP dalam menerapkan transformasi digital pengawasan BPKP. “Kami berharap agar transformasi digital dapat setidaknya, pertama, mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan kuantitas peningkatan kompetensi, karir, dan kinerja auditor. Kedua, memudahkan auditor APIP mengakses layanan JFA dan memperluas akses implementasi kebijakan dan strategi pembinaan JFA,” ujarnya.

Sistem Informasi Pembinaan JFA telah memuat seluruh layanan pembinaan JFA seperti pengusulan formasi, pengangkatan dalam JFA, modul PPAK JFA, pendaftaran USABK, pembaruandata auditor, dan sebagainya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan Webinar Cloud Computing Auditing, dengan tema "Transformasi Digital dalam Pengawasan Intern". Webinar  menghadirkan President of the IIA–Australia Stephen Coates sebagai narasumber utama. Selanjutnya, acara diskusi panel dibawakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan bersama dengan Amazon Web Services.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari selaku Ketua Umum Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa webinar ini diselenggarakan karena perkembangan lingkungan di era digital dan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat mengubah banyak aspek dari kehidupan. “Sebagai APIP tentu saja ini membutuhkan kesiapan kita semua dalam mengikuti perkembangan lingkungan tersebut termasuk peran kita sebagai APIP yang harus mampu merespon kebutuhan di era digital ini,” ujarnya.

(Tim Kominfo BPKP/AIS)