Universitas Sains Al Quran Wonosobo Mengenal BPKP Lebih Dekat

JAKARTA (26/7/22) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menerima kunjungan dari Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik Universitas Sains Al Quran (UNSIQ) Wonosobo di Aula Timur Kantor Pusat BPKP.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Eri Satriana mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kedatangan para mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa dalam rangka mencari ilmu di BPKP. “Ilmu adalah tuntunan di masa kini dan masa datang,” ucapnya.

Dengan kunjungan ini, Dosen Pendamping UNSIQ menyampaikan harapan agar mahasiswa memperoleh ilmu terkait tugas dan fungsi serta proses pengawasan BPKP yang secara teori politik dan pemerintah desa telah mahasiswa pelajari.

“BPKP mempunyai peranan penting yaitu sebagai regulator, stabilisator, dan eksekutor dalam menjaga keuangan negara, termasuk keuangan pemerintah daerah dan desa”, jelas Eri. Ia pun memaparkan perbedaan peran auditor internal dan eksternal yang seringkali menjadi pertanyaan publik. "BPKP dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memiliki tugas yang berbeda. BPKP merupakan auditor internal pemerintah. Sedangkan, BPK adalah auditor eksternal pemerintah," sambungnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pamaparan gambaran umum BPKP, pemaparan pengelolaan keuangan desa, dan sesi diskusi.

(Kominfo BPKP/FA)