Bimbingan Teknis Implementasi Fraud Control Plan (FCP) pada Inspektorat Kota Bengkulu

Bertempat di Kantor Inspektorat Kota Bengkulu, Jumat, 18 November 2022, Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis terkait Implementasi Fraud Control Plan (FCP) atau Rencana Pengendalian Kecurangan.


Kegiatan ini dibuka oleh Eka Rika Rino selaku Inspektur Kota Bengkulu dan Deddy Yudistira selaku Korwas Bidang Investigasi sekaligus narasumber pada kegiatan ini.

   

Bimbingan teknis dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait penyusunan Keputusan Walikota Bengkulu tentang Rencana Pengendalian Kecurangan, Daftar dan Peta Resiko Kecurangan, serta Tindak Lanjut atas Rencana Pengendalian Kecurangan Tahun 2022.

Kegiatan Fraud Control Plan merupakan integrasi program preventif dan represif yang bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi fraud di lingkungan organisasi pemerintah.

Dalam kegiatan ini, Deddy memaparkan mengenai 10 atribut Rencana Pengendalian Kecurangan yang merupakan pendalaman atau penguatan dari sistem tata kelola setiap organisasi pemerintah.
Instansi daerah diharapkan dapat mencegah terjadinya korupsi dan membangun sistem organisasi yang anti korupsi dengan mengimplementasikan Fraud Control Plan (FCP) secara bijak.