Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi FMIS

Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi FMIS pada OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu ”SIMDA Pink dicabut akhir tahun 2022, Pemerintah Daerah wajib menggunakan FMIS”?

Dalam proses pengelolaan keuangan daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang mempersiapkan diri untuk bermigrasi dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menuju Financial Management Information System (FMIS).


Untuk mendukung persiapan tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Bimbingan Teknis Percepatan Implementasi FMIS untuk OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu pada tanggal 9-10 November 2022 di Ruang Pola Provinsi Bengkulu.

Bimbingan teknis ini dibuka oleh Hamka Sabri selaku Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu dan Yuliswani selaku Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu. Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Jusup Partono dalam sambutannya, mengarahkan kepada seluruh OPD di Provinsi Bengkulu untuk mempercepat implementasi aplikasi FMIS.


Hari pertama bimbingan teknis diisi dengan penjelasan mengenai gambaran umum serta system requirement aplikasi FMIS dan dilanjut dengan Simulasi Perencanaan dan Penganggaran pada aplikasi. Pada hari kedua, peserta bimbingan teknis melakukan Simulasi Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan pada aplikasi FMIS.
Harapannya, Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat menjadi contoh bagi Pemerintah Daerah se-Provinsi Bengkulu dalam mengelola keuangan daerah. Selain itu, diharapkan pada tahun 2023 Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah tidak mengalami kendala dalam implementasi aplikasi FMIS.