BPKP Bengkulu Fasilitasi Provinsi Bengkulu Mencapai Maturitas SPIP

BENGKULU (22/09/2022) Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Elfrida Nainggolanbersama Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto membuka kegiatan Akselerasi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pemerintah Provinsi Bengkulu Tahun 2022 di Gedung Pola Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas penilaian mandiri SPIP dan fasilitas akselerasi kepada seluruh Asesor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi. Elfrida mengatakan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP yang ingin dicapai sesuai target kerja adalah Maturitas SPIP Level 3. Tahun lalu Pemprov Bengkulu melakukan penilaian mandiri karena masih dalam Pandemi Covid-19. Diharapkan komponen penilaian SPIP yaitu: Penetapan Tujuan, Struktur dan Proses dapat dilakukan secara tuntas sehingga Maturitas SPIP Level 3 dan Manajemen Resiko level 3 dapat dicapai.

Auditor BPKP Bengkulu Rina Liana Sari mejelaskan teknis penilaian akan memakan waktu selama 3 hari kedepan. Pada hari pertama akan dilakukan penilaian terkait penetapan tujuan dan pencapaian tujuan. Hari kedua adalah penilaian terkait dengan struktur dan proses. Di hari terakhir akan dilihat skor sementara Pemprov Bengkulu.