PERCEPAT SPIP LEVEL 3, BPKP BENGKULU UNDANG SEKDA DAN INSPEKTUR MENGIKUTI WORKSHOP

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Gumbira Budi Purnama menyampaikan bahwa Kabupaten Lebong sudah mencapai level 3 pada ekpose di bulan Agustus lalu. Sementara untuk Kabupaten Bengkulu Utara, saat ini dalam persiapan ekspose level 3 dengan BPKP Pusat di minggu keempat bulan ini. “Semoga Pemerintah Daerah lainnya juga dapat segera level 3,” ucapnya.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menyampaikan harapan besarnya agar 85% Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu dapat mencapai level 3 di tahun 2019 ini. Hamka juga menyampaikan bahwa tanggung jawab besar tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing sekretaris daerah.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Sihono dan PFA Bidang APD Yudion Atria Ismail. Paparan di antaranya mencakup kendala-kendala yang dihadapi masing-masing Pemda dalam pemenuhan bukti level 3 dan  menekankan perlunya komitmen sekretaris daerah sebagai penanggungjawab SPIP untuk mendukung poses pemenuhan bukti oleh pemerintah daerah.

Pada kesempatan ini, Kabupaten Lebong berbagi pengalamannya sebagai kabupaten pertama yang lolos dalam ekspose BPKP Pusat untuk Level 3. Disebutkan bahwa mendapat dukungan penuh dari bupati, melaksanakan seluruh rekomendasi BPKP, dan komunikasi yang intens merupakan tiga kunci utama dalam pemenuhan level 3 ini.

Diselingi dengan senda gurau, kegiatan ini menambah semangat para peserta untuk saling memberi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi dalam pemenuhan level 3 menyusul keberhasilan Kabupaten Lebong.