BPKP JAMBI MENGGELAR SOSIALISASI SPIP TERINTEGRASI DI LINGKUNGAN PEMKAB BATANG HARI

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)Terintegrasi Pada Pemerintah Kabupaten Batang Hari dengan narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jambi resmi di buka oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Batang Hari Tahun 2022 yang diwakili oleh Asisten III Asriyonalsyah bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Kamis (11/8). Kepala Bagian Umum Sahowi mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi berharap dengan adanya sosialisasi ini para peserta dapat memperoleh dan mengupdate ilmu terkait SPIP, meningkatkan kompetensi dan pada akhirnya tercapainya Visi Kepala Daerah.Acara ini dihadiri oleh 44 peserta dari masing-masing OPD di lingkungan Kabupaten Batang Hari.

 

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sahowi mengatakan bahwa penyelenggaraan SPIP dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. “BPKP memiliki mandat untuk melakukan pembinaan atas penyelenggaraan SPIP secara menyeluruh mulai dari pengenalan konsep, penyusunan pedoman penyelenggaraan SPIP, sampai dengan pengukuran keberhasilan penyelenggaraan SPIP dengan metodologi yang dapat mengukur peran SPIP dalam mendukung akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” ujarnya.

 

Pengelolaan risiko dan pengendalian korupsi yang efektif hanya dapat dilaksanakan dengan dukungan peran APIP yang kapabel. Integrasi antara pengelolaan risiko, pengendalian korupsi, dan APIP yang kapabel akan menjamin keberhasilan pencapaian tujuan Kementerian/Lembaga/Daerah.

 

Adapun faktor keberhasilan tercapainya implementasi SPIP Terintegrasi diantaranya yaitu komitmen Manajemen K/LD untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan menerapkan manajemen risiko untuk mendukung pencapaian program yang telah direncanakan, APIP mendorong penerapan Manajemen Risiko termasuk atas risiko-risiko fraud/korupsi, melakukan pengawasan pada area-area yang berisiko tinggi melalui Pengawasan Intern Berbasis Risiko (PIBR), dan mendorong perbaikan pengendalian intern secara berkelanjutan serta komitmen untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM)K/L/D agar mampu menyelenggarakan pengendalian intern secara memadai dan melakukan penilaian kualitas maturitas SPIP.

 

“Semoga Pemkab Batang Hari dapat menyelesaikan Penilaian Mandiri tahun ini dan bisa mempertahankan level 3 Maturitas penyelenggaraan SPIP dan semoga memperoleh level 3 untuk MRI dan juga IEPK,” tutup Sahowi.

 

Pada kesempatan tersebut, Asisten III yang juga membuka acara ini membacakan sambutan dari Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Jambi yang telah memfasilitasi sehingga acara sosialisasi ini dapat terselenggara. Ia menyampaikan bahwa pada saat ini pengembangan SPIP tidak sekedar kewajiban (mandatory) namun menjadi sebuah kebutuhan bagi organisasi. “Kami berharap agar Penilaian Mandiri penyelenggaraan SPIP Lingkup Pemerintah Kabupaten Batang Hari selesai tepat waktu dan telah dilakukan penjaminan kualitas,” ujar Asriyonalsyah

 

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan ilmu yang didapat di Instansinya masing-masing. Para peserta juga dapat berkontribusi optimal dan bersinergi guna mewujudkan Visi, Misi Batang Hari “Arah Baru Perubahan Menuju Batang Hari TANGGUH (Terdepan, Agamis, Nyaman, Gotong Royong, Bermutu dan Harmonis).