BPKP JAMBI GELAR BIMTEK SISWASP3DN UNTUK OPD

Dalam rangka menyukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di wilayah Provinsi Jambi, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menggelar Bimtek Pengisian Aplikasi Siswas-P3DN di buka langsung oleh Kepala Bagian Umum Sahowi yang diikuti oleh Admin Pemda pada Bagian UKPBJ/ULP, Inspektorat dan PPKom pada Tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) besar di wilayah Provinsi Jambi secara luring maupun daring, Selasa (24/5).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian disebutkan adanya kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang/jasa. Kewajiban ini juga tertuang dalam PP 29/2018 tentang Pemberdayaan Industri bahwa produk dalam negeri wajib digunakan oleh Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Lembaga Pemerintah lainnya dan satuan kerja perangkat daerah dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sesuai Inpres No 2/2022 BPKP diminta untuk melakukan pengawasan terhadap ketaatan penggunaan produksi dalam negeri. BPKP kemudian menginisiasi merancang aplikasi SiswasP3DN, dimana pihak-pihak yang terkait dengan P3DN ini diminta untuk melaporkan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) selaku admin aplikasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Inspektur/APIP bertugas mengawasi.

Hasil inputing pada SiswasP3DN ini dapat dimanfaatkan Pemerintah Daerah/Kementerian/Lembaga terkait kelambatan menginput aplikasi SiswasP3DN akan berpengaruh pada kinerja realisasi P3DN di Pemda yang bersangkutan.

Acara Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman apa yang dimaksudkan Produk Dalam Negeri, tujuan melaporkan/menginput di aplikasi SiswasP3DN dan bagaimana caranya menginput data ke dalam aplikasi. Kegiatan ini diikuti oleh 93 peserta dari 12 Pemda di wilayah Provinsi Jambi.

Pelaporan/inputing juga meliputi progress pemenuhan Pemda dalam membentuk penyusunan komitmen dan realisasi P3DN dengan cara menginputnya ke dalam aplikasi ini. Pihak yang perlu mengisi adalah Tim P3DN, e-katalog lokal yang isinya produk-produk yang bisa di beli pada daerah setempat dan kebijakan/peraturan untuk mendukung keberpihakan penggunaan produk dalam negeri.

Pada saatnya nanti Auditor BPKP Jambi akan melakukan reviu lapangan terhadap kecepatan realisasi P3DN di Pemda.