BPKP JAMBI GELAR WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN DESA DI KABUPATEN TEBO

Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menggelar Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Aula Utama Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tebo, Kamis (14/4/2022).

Workshop dengan tema Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat dan Terpadu Sebagai Upaya Penanganan Dampak Ekonomi Covid 19 dihadiri oleh Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Pembangunan dan Tata Kelola Pembangunan Desa BPKP Wasis Prabowo, Koordinator Fasilitasi Pengembangan Partisipasi Masyarakat Kemendes PDTT Andrey Ikhsan Lubis dan Kepala KPPN Muara Bungo Raini Rahmania.

Dalam paparannya Wasis Prabowo menyampaikan bahwa sebanyak 107 Desa di Kabupaten Tebo terlambat dalam menetapkan APBDes 2022. Selain itu, implementasi aplikasi Siskeudes di Wilayah Jambi per April 2022 baru 2 Kabupaten dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi yang telah menerapkan Siskeudes.

Bupati Tebo Sukandar mengatakan, dirinya menyambut baik workshop yang dilaksanakan oleh BPKP tersebut. Sukandar menyebut, transformasi berpindah dari cara manual ke arah digital itu penting. Sukandar juga menambahkan terdapat dua Kabupaten di Jambi yang mendapatkan penghargaan pusat dalam hal pelaporan dana desa salah satunya Tebo kedua Merangin.

Anggota DPD RI Elviana menyampaikan, kegiatan workshop bertujuan bagaimana pengelolaan dana desa kepada para Kepala Desa di Kabupaten Tebo.

Elviana menyatakan, sebagai perwakilan rakyat Jambi di Senayan, dirinya bangga dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, salah satunya Kabupaten Tebo berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Hadir sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tebo terkait, Kepala desa (Kades) dan  e-Kabupaten Tebo serta undangan lainnya