KONSULTASI DPRD KABUPATEN TEBO KE BPKP JAMBI, DPRD TEBO MINTA SOLUSI DANA PEN

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menerima kunjungan Ketua DPRD Tebo Mazlam dan Wakil Ketua DPRD Syamsu Rizal yang didampingi Kepala Bakeuda Nazar Efendi dan Kepala Bappeda Hendri Nora, Senin (24/1). Kunjungan ini dalam rangka konsultasi kebijakan terkait pengelolaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ada di Kabupaten Tebo.

Dalam rangka percepatan pembangunan daerah sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah pusat memberikan dukungan pembiayaan berupa pinjaman PEN daerah melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). SMI merupakan Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan. Tahun 2021 Pemerintah mengalokasikan pinjaman PEN daerah sebesar Rp15 triliun, dari APBN sebesar Rp10 triliun dan PT SMI Rp5 triliun.

Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tebo mendapatkan pinjaman program PEN untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tebo.

Pinjaman PEN daerah diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi daerah dan penciptaan lapangan kerja dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di daerah pasca pandemi. Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Tebo meminta agar BPKP dapat memberikan masukan dalam rangka untuk menjaga akuntabilitasnya.

Wakil Ketua DPRD Syamsu Rizal menyampaikan apresiasi atas layanan konsultasi BPKP Jambi dan berharap dengan kunjungan ini mendapatkan pandangan dan pendapat terkait dana PEN yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Tebo.