Gandeng BPKP, Pemko Pekanbaru Komitmen Tingkatkan Kualitas SPIP

Pekanbaru, 31 Mei 2023Jajaran Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru berkomitmen meningkatkan kualitas Sistem Pengendalian Intern Pemeritah (SPIP) dan Manajemen Risiko di lingkungan masing-masing Perangkat Daerah. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan komitmen bersama oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru dengan disaksikan langsung oleh Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, Inspektur Kota Pekanbaru Iwan Simatupang, dan Asisten I Kota Pekanbaru Syukur di Kantor Walikota Pekanbaru Tenayan Raya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir dalam sambutannya mengatakan pemerintahan tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila SPIP tidak dijalankan secara optimal, sehingga organisasi pemerintahan tidak akan bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan RPJMD. SPIP pada hakikatnya merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dihadapan para Pimpinan Perangkat Daerah se-Kota Pekanbaru, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau menekankan bahwa Instansi pemerintah perlu menyelenggarakan SPIP secara terintegrasi yang didalamnya termasuk peran pengawasan intern oleh Inspektorat Daerah melalui Kapabilitas APIP, serta penerapan Manajemen Risiko. Dengan harapan Pemerintah Kota Pekanbaru dapat berperan dalam mengintegrasikan pengelolaan risiko pada manajemen pemerintahan sebagai suatu perubahan nyata.  Sehingga risiko-risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan pemerintahan dapat dikelola dengan baik. BPKP akan selalu membuka diri sebagai sarana untuk  berkonsultasi bagi pemerintah jika terdapat keragu-raguan dalam menjalankan program kegiatannya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatangan komitmen bersama oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru itu merupakan upaya dari Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mewujudkan Pemerintahan Kota Pekanbaru yang lebih baik. Muflihun berharap dengan ditandatanginnya komitmen bersama Peningkatan Kualitas SPIP dan Manajemen Risiko oleh masing-masing Perangkat Daerah Kota Pekanbaru, juga menjadi upaya bagi masing-masing Perangkat Daerah Kota Pekanbaru untuk mewujudkan Perangkat Daerah yang lebih baik, tentunya juga mengikuti aturan dan RPJMD yang telah ditetapkan Kota Pekanbaru. Muflihun berharap dengan menggandeng BPKP, program dan kegiatan yang dijalankan oleh Pemerintahan Kota Pekanbaru nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun menghimbau kepada seluruh Perangkat Daerah Kota Pekanbaru untuk berkonsultasi kepada  BPKP jika terdapat keragu-raguan dalam menjalankan program kegiatannya, agar nantinya tidak menjadi permasalahan hukum dikemudian hari. Penjabat Walikota itu juga mengajak kepada seluruh Perangkat Daerah Kota Pekanbaru untuk memanfaatkan keberadaan BPKP di daerah sebagai tempat berkonsultasi atas keragu-raguan di dalam menjalankan program dan kegiatannya.

Tim Kominfo BPKP Riau / Setia Hadi Pranoto