Cegah Kecurangan Dengan FCP

Dumai, 5 Desember 2022 – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menjadi salah satu narasumber pada Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Kota Dumai Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kota Dumai. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H. Indra Gunawan.

Tujuan Gelarwasda untuk meningkatkan efektifitas pengawasan dengan mengusung tema "Fraud Control Plan (FCP) Sebagai Pendeteksi Kecurangan".

“Fraud Control Plan itu sebenarnya fokus pada risiko terjadinya kecurangan, jadi bagaimana kita mengidentifikasi risikonya kemudian mencegah supaya tidak terjadi kecurangan” ungkap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir saat menyampaikan paparan.

Fauqi juga menjelaskan strategi dalam pencegahan korupsi terdiri dari represif, preventif, dan edukatif. “Kalau FCP ini termasuk preventif, jadi integritas individu dalam organisasi itu harus dimiliki supaya dapat mencegah perbuatan kecurangan dalam organisasi” jelas Fauqi.

Sementara itu, Sekda Kota Dumai menyampaikan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) diharapkan dapat berperan lebih sebagai penjamin mutu, pembina, supervisor, serta pemberi masukan terhadap kendala yang dihadapi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan nilai tambah bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Melalui gelar pengawasan daerah ini, kami berharap, pihak-pihak terkait seperti Kepala OPD, Camat, dan lainnya dapat mengetahui tupoksi APIP dalam menjalankan perannya sebagai Quality Assurance dan Consulting," tuturnya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan Gelarwasda ini diperkuat dengan materi dari para narasumber, diantaranya dari Inspektur Provinsi Riau, Kejaksaan Negeri Dumai, dan Polres Dumai.

(Tim Kominfo BPKP Riau)